SOLOPOS.COM - Kondisi jalan Alas Tunggangan, Tirtomoyo, Wonogiri, seusai proses pembersihan dari material longsor, Rabu (15/2/2023) sore. (Istimewa/AKP Utami)

Solopos.com, WONOGIRI — Ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo di Alas Tunggangan, Desa Genengharjo, Tirtomoyo, Wonogiri, yang sempat tertutup karena tertimpa tanah longsor pada Rabu (15/2/2023) sudah dibuka dan bisa dilintasi kendaraan bermotor pada sore harinya.

Kendati begitu, kondisi ruas jalan penghubung dua kecamatan itu masih rawan longsor dan membahayakan. Kapolsek Tirtomoyo AKP Utami mengatakan ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo di Alas Tunggangan sudah bisa dilalui sejak Rabu pukul 16.00 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Meski begitu dia mengimbau masyarakat tidak melintas di jalan tersebut jika tidak dalam keadaan mendesak atau terpaksa. Hal itu kondisi jalan masih licin akibat hujan dan terdapat tanah bekas longsoran.

“Pada dasarnya sudah bisa dilewati kendaraan bermotor, tapi kami mengimbau kalau bisa jangan lewat situ dulu kalau tidak benar-benar mendesak. Kondisinya masih rawan longsor,” ujar Utami.

Menurut dia, masih ada beberapa titik di Alas Tunggangan, Tirtomoyo, Wonogiri, yang rentan longsor dan berpotensi menimpa jalan. Apalagi dengan cuaca yang masih sering hujan seperti ini, sementara tidak ada saluran irigasi yang memadai, tanah longsor masih sangat mungkin terjadi di jalan tersebut.

“Ada beberapa titik yang tanahnya kelihatan retak. Itu sangat berbahaya apalagi kalau hujan begini,” ujarnya. Utami menjelaskan di ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo itu belum ada saluran air atau irigasi di samping kanan-kiri jalan.

Selain bisa meningkatkan potensi longsor, juga membuat badan jalan menjadi licin. Pada sisi lain, ada beberapa rambu-rambu lalu lintas di ruas jalan tersebut rusak.  Utami menyarankan masyarakat lewat Ngadirojo baik dari arah Jatiroto ke Tirtomoyo atau sebaliknya.

Meski jarak tempuhnya lebih jauh, rute lewat itu lebih aman dibandingkan harus melewati ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo. Sekretaris Desa Genengharjo, Gendar Daryanto, menyampaikan ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo belum optimal untuk dilewati.

Kondisi jalan masih licin dan kendaraan rawan tergelincir. Terlebih saat ini masih diguyur hujan sejak sore. “Kelihatannya juga belum ada motor atau mobil yang lewat situ,” kata Daryanto.

Diberitakan sebelumnya, ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo di Alas Tunggangan, Desa Genengharjo, Tirtomoyo, Wonogiri, ditutup sementara lantaran tertimpa tanah longsor, Rabu (15/2/2023).

Kapolsek Tirtomoyo, AKP Utami, mengatakan tanah longsor di ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Kejadian itu dipicu hujan deras dan berdurasi lama sejak Selasa (14/2/2023).

Material longsoran menimpa badan jalan sepanjang lebih kurang 15 meter. Selain itu, longsor juga mengakibatkan sekitar tujuh pohon besar tumbang melintang di ruas jalan Jatiroto-Tirtomoyo, Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya