SOLOPOS.COM - Warga dan polisi mengecek kondisi jalan ambles di Desa Temboro, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Kamis (2/3/2023). (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Akses Desa Temboro, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, terputus akibat jalan ambles dan longsor, Kamis (2/3/2023). Selain itu, tanah longsor juga terjadi di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro.

Peristiwa itu terjadi lantaran hujan dengan intensitas tinggi dan berdurasi lama pada Kamis (2/3/2023) dini hari. Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, mengatakan jalan ambles dan tanah longsor terjadi di Dusun Boro RT 003/RW 013, Desa Temboro.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Jalan desa dengan struktur rabat beton itu ambles sepanjang 500 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Akibatnya kini jalan itu tidak dapat dilintasi kendaraan bermotor.

“Untuk sementara jalan itu tidak bisa dilewati, warga bisa lewat jalan [Desa Temboro] alternatif dulu,” kata Iwan. Selain jalan ambles, di Temboro, Karangtengah, Wonogiri, tanah longsor menimpa dinding belakang masjid hingga jebol.

Selain itu, ada beberapa retakan di dinding akibat longsor di Desa Temboro, Karangtengah, Wonogiri, tersebut. Iwan menyebut beberapa hari terakhir hujan deras dan durasi lama terjadi di Kabupaten Wonogiri.

Hal itu memicu terjadi bencana alam terutama tanah longsor dan ambles. Di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, tanah longsor terjadi di tepi rumah warga.

Tanah yang longsor itu mengakibatkan pohon roboh menimpa menimpa sebagian atap rumah warga lain yang ada di bawahnya. “Warga sudah gotong royong bersama polisi mengevakuasi material longsor dan rumah korban,” ujar dia.

Sementara itu, bekas tanah longsor sudah ditutupi menggunakan terpal agar tanah tersebut tidak terguyur hujan dan berpotensi terjadi longsor susulan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp15 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya