SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perbaikan Jalan. (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri telah mengajukan penambahan anggaran ke Bupati Wonogiri, Joko Sutopo senilai Rp4 miliar. Usulan penambahan tersebut disebabkan telah habisnya anggaran pemeliharaan jalan senilai Rp850 juta di akhir 2022.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Pemkab Wonogiri di bawah kepemimpinan Joko Sutopo alias Jekek memiliki Program Alus Dalane. Melalui program tersebut, diharapkan jalan di Kabupaten Wonogiri bisa halus guna mendukung kenyamanan para pengguna jalan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Program prioritas Bupati Jekek itu dari tahun ke tahun biasanya mencapai ratusan miliar. Anggaran paling sedikit terjadi di tahun 2018, senilai Rp151,4 miliar.

Di tahun 2022, anggaran Program Alus Dalane menurun drastis. Program yang dikerjakan Bidang Bina Marga DPU Wonogiri di tahun 2022 senilai Rp101,08 miliar. Rinciannya, APBD senilai Rp56,8 miliar, Bankeuprov Jateng senilai Rp18,5 miliar, dan DAK (APBN) senilai Rp25,78 miliar.

Program Alus Dalane paling banyak diarahkan ke Kecamatan Pracimantoro. Lokasinya berada di Jalan Dalam Kota dan Jalan Suci-Gambirmanis-Joho. Pengerjaan itu menghabiskan biaya senilai Rp11,7 miliar.

Baca Juga: Anggaran Program Alus Dalane Wonogiri Mendadak Anjlok, Ini Penyebabnya

Di sisi lain, dari tahun ke tahun, panjang jalan kabupaten di Wonogiri terus bertambah. Hingga 2022, panjang jalan yang sudah dikerjakan di Kabupaten Wonogiri mencapai 1.370 kilometer (km).

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU Kabupaten Wonogiri, Didik Sudarmaji, mengatakan panjang jalan kabupaten di Wonogiri dari tahun ke tahun semakin bertambah.

“Itu disebabkan pengalihan status jalan desa menjadi jalan kabupaten,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, di kantornya, Selasa (26/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya