SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak sejumlah wali kota peserta pertemuan Apeksi mengunjungi Kampung Batik Kauman, Kamis (13/10/2022) pagi. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Kondisi jalan Kampung Wisata Batik Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, dikeluhkan rusak. Hal itu membuat para warga setempat dan pengunjung kawasan tersebut tidak nyaman.

Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman, Gunawan Setiawan, menjelaskan salah satu jalan utama kampung banyak yang rusak dan tidak nyaman bagi para wisatawan. Banyak usulan dari berbagai pihak untuk segera memperbaiki jalan di Kampung Kauman.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Jadi memang suatu perlu sekali dirapikan, dibenahi, dikuati karena untuk akses warga harian, kampung wisata, dan untuk masyarakat secara umum yang lewat. Lokasi kami lokasi kami strategis di tengah kota lewat situ dari arah utara maupun selatan,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (13/10/2022).

Gunawan menjelaskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pernah menyebut jalan di Kampung Batik Kauman tersebut sudah seperti jalur offroad dan penuh gronjalan. Jalan itu pernah diperbaiki ketika ada masalah genangan air namun belum sempurna.

Permukaan jalan belum baik. Ditanya kapan kali terakhir pembangunan jalan kampung di Kampung Batik Kauman, Gunawan menjelaskan sudah lebih dari 10 tahun lalu. “Kami berharap segera karena sudah lama sekali. Jalan merupakan kebutuhan masyarakat Kauman maupun sekitarnya,” jelasnya.

Baca Juga: Wah, Gibran Ajak Wali Kota Se-Indonesia Belanja Batik di Kauman Solo

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan berjanji memperbaiki jalan rusak di Kampung Wisata Batik Kauman setelah proyek pembangunan koridor Gatot Subroto (Gatsu)-Ngarsapura rampung. “Nek wis dadi gantian situ ya benerinnya,” jelasnya.

“Aku enggak ngerti konsep Kampung Wisata Batik Kauman menjadi konsep offroad idenya siapa dulu,” tambahnya. Dia menjelaskan tidak akan mengubah konsep jalan kampung namun memperbaiki akses jalannya.

Sebelumnya, Gibran mengajak sejumlah wali kota yang tengah mengikuti rangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Solo Technopark berjalan-jalan dan belanja batik di Kampung Batik Kauman, Kamis (13/10/2022) pagi.

Baca Juga: Tim Seni Rebana SD Muh 2 Kauman Solo Raih Juara III Mapsi Tingkat Kota Solo

Mereka membeli kain batik yang warnanya sesuai dengan warna bendera dan logo partai politik masing-masing. “Rata-rata pada beli satu potong, dua potong. Ada yang membeli sesuai partai politiknya, ada yang beli warna biru, kuning, hijau, jadi lucu-lucu,” kata Gunawan Setiawan, Kamis (13/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya