SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Terdapat dua ruas jalan yang tergolong paling rawan kecelakaan di Kota Solo sepanjang 2023 ini. Ruas jalan yang dimaksud yakni Jalan Ki Mangun Sarkoro dan Jalan Sumpah Pemuda.

Kasatlantas Polresta Kota Solo, Kompol Agung Yudiawan, menjelaskan lokasi jalan rawan laka ini terhitung dalam waktu tiga bulan, Januari hingga awal Maret 2023. Sepanjang waktu itu, terdapat 11 kecelakaan yang terjadi di dua ruas jalan tersebut

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jalan Ki Mangun Sarkoro dari Jembatan Komplang sampai dengan Jalan Sumpah Pemuda Simpang Empat Pak Daman,” ucapnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (8/3/2023).

Kompol Agung merinci tingkat keparahan korban dari 11 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Terdapat satu korban yang meninggal dunia karena kecelakaan di ruas jalan tersebut. Tidak ada korban yang mengalami luka berat. Selanjutnya, tercatat 11 korban mengalami luka ringan.

Kompol Agung menjelaskan tidak ada kasus kecelakaan yang terjadi karena jalan rusak. Kronologi dari 11 kecelakaan yang terjadi kebanyakan karena menghindari kendaraan lain dan menghindari orang menyebrang.

“Kronologi menghindari kendaraan lain dan menghindari orang menyeberang, selebihnya ada lawan [melibatkan kendaraan lainnya],” jelas dia.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik Surakarta Dalam Angka 2023, jumlah kecelakaan lalu lintas di Kota Solo pada 2022 tercatat sebanyak 1.332 kasus.

Dari kasus kecelakaan yang terjadi, tercatat 70 orang meninggal dunia dan 1.438 orang luka ringan. Sementara, dari data tersebut tidak yang menyebutkan untuk luka berat.

Tren kejadian lakalantas pada 2022 tercatat lebih tinggi dibanding dengan 2021. Jumlah kecelakaan lalu lintas di Kota Solo pada 2021 tercatat ada 898 kasus. Artinya, ada selisih hampir 500 kasus dengan kejadian laka pada 2022.

Dilihat dari jumlah korbannya, kasus kecelakaan pada 2021 menyebabkan 50 orang korban meninggal dunia. Selanjutnya, tercatat 947 korban mengalami luka ringan. Total keseluruhan korban kecelakaan pada 2021 tercatat sebanyak 997 orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya