SOLOPOS.COM - Seorang pekerja sedang membasahi jalan yang belum disempurnakan di Desa Sendangsari, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, Rabu (24/8/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI–Masyarakat yang tinggal berdekatan dengan jalan lingkar Waduk Pidekso, tepatnya di Dusun Sendang, Desa Sendangsari, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, melazimkan kondisi jalan yang tergenang saat debit air waduk tinggi.

Hal itu tak terlepas dari faktor curah hujan tinggi sejak awal hingga pertengahan 2022.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dusun (Kadus) Sendang, Sugiyanto, menuturkan, saat kondisi jalan tergenang beberapa bulan lalu, sempat ada komplain dari warga. Lantaran jalan lingkar yang belum ditinggikan dan dikeraskan menghambat mobilisasi mereka.

Tak hanya warga yang kesulitan melintas, menurut Sugiyanto, alat berat penggarap proyek jalan lingkar Waduk Pidekso terpaksa berhenti.

“Soalnya kalau alat berat itu melintasi jalan perkampungan, nanti jalannya jadi rusak. Warga protes lagi, jadi serba salah kan,” ucap Kadus kepada Solopos.com, Rabu (24/8/2022).

Seiring curah hujan yang menurun dan musim kemarau tiba, debit air Waduk Pidekso ikut surut. Masalah dan keluhan yang dihadapi warga sudah tidak ada. Di sisi lain, kontraktor proyek pembangunan jalan lingkar Waduk Pidekso dari PT PP melanjutkan menggarap jalan lingkar.

“Saat hujan sudah berkurang dan air waduk menyusut, pembangunan jalan lingkar saat ini sudah dikeraskan. Kemungkinan enggak lama lagi mulai pengaspalan,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Sugiyanto, permasalahan di lingkup warga dapat teratasi lewat jalan musyawarah. “Memang ada warga yang mengeluh, tapi selama ini tidak ada yang sampai berbuat anarkis,” imbuh dia.

Camat Batuwarno, Khrisma Eko Setiono, sebelumnya mengatakan, jalan antardusun Sendang dan Begendo yang sempat tenggelam saat air Waduk Pidekso penuh kini sudah diuruk dan diperkeras. Tinggal pengaspalannya.

Meski demikian, ia belum memastikan sejauh apa progresnya hingga pekan ketiga Agustus 2022. Alasannya, pemerintah kecamatan masih terfokus pada perayaan hari kemerdekaan RI ke-77.

“Dulu itu permasalahannya di akses jalan. Sekarang sepertinya sudah bisa dilewati dan tidak ada masalah. Basanya kalau ada permasalahan, masyarakat melapor ke kami. Kami juga meminta komitmen kepada PT PP bahwa pembangunan jalan antardusun di Sendangsari itu selesai pada 2022,” ujar Camat Batuwarno, Senin (22/8/2022).

Humas PT PP, Winang Setiawan, mengatakan perusahaannya tengah mengebut pembangunan jalan lingkar Waduk Pidekso. Hal itu lantaran kontraknya dijadwalkan selesai pada Desember 2022 mendatang.

“Mau tidak mau harus fix pada Desember nanti. Maka dari itu, saat ini kami kebut pembangunannya dari titik nol, sudah ada pemadatan, pembuatan jalan lingkar yang dikerjakan terus. Insya Allah sebelum Desember, sesuai dengan kontrak, kami sudah selesaikan,” kata Winang kepada Solopos.com, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya