SOLOPOS.COM - ilustrasi (Dok. Solopos.com)

ilustrasi (Espos/Dwi Prasetya)

WONOGIRI--Keluhan warga terkait rusaknya jalan provinsi yang ada di Kabupaten Wonogiri membuat Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, tidak mau tinggal diam. Ia pun telah mengajak beberapa stafnya untuk melihat keadaan di lapangan. “Saya telah mengecek di lapangan dengan melintas di ruas-ruas jalan yang kondisinya dikeluhkan warga. Dan memang banyak ruas jalan milik provinsi yang rusak parah,” ungkapnya saat ditemui wartawan di pendapa rumah dinasnya, Rabu (4/4/2012).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ia menambahkan, ruas jalan yang rusak parah tersebut yakni di Pracimantoro-Giriwoyo dan Manyaran-Wonogiri. Untuk itu, ia akan menyurati Pemprov Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat terkait kerusakan jalan di Wonogiri. “Dalam surat itu, berisi permohonan segera ada perbaikan kerusakan jalan yang merupakan tanggung jawab mereka,” terangnya.

Ia melakukan itu karena setiap hari ia menerima keluhan dari warga mengenai jalan rusak yang mayoritas milik provinsi dan bukan jalan kabupaten. Maka, ia akan meneruskan keluhan itu melalui surat ke provinsi dan pemerintah pusat.

Selain itu, juga terkait regulasi untuk pengelolaan jalan. Jalan milik provinsi harus dikelola oleh provinsi dan jalan milik pusat juga dikelola oleh pusat. Sedangkan kabupaten hanya mengelola jalan kabupaten. “Anggaran pemeliharaan kami juga hanya untuk pemeliharaan jalan kabupaten. Jika untuk membenahi jalan yang lain, maka akan menyalahi aturan,” imbuh Danar.

Ia berharap segera ada perhatian dari pemerintah provinsi karena Wonogiri sangat membutuhkan infrastruktur jalan dan jembatan. Pasalnya, jalan tersebut mampu membangkitkan daya saing masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Wonogiri.

Terpisah, Kepala Seksi Jalan Balai Pelaksana Teknis Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Surakarta, Purwanto, membenarkan hal tersebut. Ia mengakui beberapa ruas jalan provinsi di Wonogiri memang kurang layak. “Pemprov sudah menyusun jadwal pemeliharaan jalan. Bahkan, ada beberapa kegiatan pemeliharaan jalan yang sudah dijalankan. Pemeliharaan akan dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya