SOLOPOS.COM - Spanduk bertulisan sindiran dan harapan warga akan perbaikan Jl Deles Indah di Desa Bumiharjo, Kecamatan Kemalang, Klaten, yang rusak parah. Foto diambil Sabtu (21/10/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Baliho dengan tulisan bernada sindiran serta harapan warga agar jalan kabupaten yang rusak segera diperbaiki terpasang di ruas jalan kabupaten wilayah Desa Bumiharjo, Kecamatan Kemalang, Klaten, beberapa waktu terakhir.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau DPUPR Klaten memastikan jalan tersebut diperbaiki tahun depan. Pantauan Solopos.com, Kamis (26/10/2023), baliho itu terpasang di tepi ruas jalan wilayah Dukuh Tirtomoyo, Desa Bumiharjo, Kemalang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam baliho itu tertulis ucapan terima kasih warga kepada para driver yang sudah berdonasi untuk penyiraman jalan agar kondisi jalan tak berdebu. Ada juga tulisan harapan warga agar jalan itu mendapatkan perhatian dari dinas terkait.

Pada bagian lain, terdapat spanduk bertuliskan imbauan kepada para pengendara untuk pelan-pelan melajukan kendaraan mereka ketika melintasi jalan rusak yang berdebu itu di Kemalang, Klaten, itu. “Tolong…!!! Pelan-pelan. Banyak debu. Mesakno sitik udu sirkuit,” tulis imbauan dalam spanduk itu.

Kondisi jalan yang rusak itu berada di wilayah Desa Bumiharjo, antara Desa Sidorejo dan Desa Dompol. Selain rusak, jalan juga berdebu. Saat kendaraan melintas, debu beterbangan hingga membuat jarak pandang terbatas.

Salah satu warga, Abdul, 34, mengatakan baliho itu sudah dipasang warga selama sekitar tiga bulan terakhir. Dia menjelaskan kerusakan jalan itu sudah terjadi sekitar 13 tahun. “Kondisi jalannya rusak itu sejak erupsi Gunung Merapi 2010 lalu,” kata Abdul saat ditemui Solopos.com, Sabtu (21/10/2023) lalu.

Ruas jalan yang rusak itu berada di Jl Deles Indah, Kemalang, Klaten. Perbaikan jalan sudah menyasar ke ruas jalan itu dari wilayah Deles hingga Kaliwuluh, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Namun, perbaikan belum sampai ke Jl Deles Indah di wilayah Desa Bumiharjo.

“Harapan kami ya bisa segera diperbaiki karena kondisinya sudah rusak. Kalau jalan yang masih mengalami kerusakan itu sekitar 3 km,” jelas dia. Seperti diberitakan sebelumnya, ruas Jl Deles Indah di antara Deles hingga Kaliwuluh menjadi salah satu ruas di lereng Gunung Merapi yang diperbaiki tahun ini.

Perbaikan ruas tersebut sudah rampung dan tinggal finishing. Kabid Bina Marga DPUPR Klaten, Harjaka, mengatakan perbaikan ruas jalan rusak di lereng Gunung Merapi bakal dilanjutkan tahun depan.

Ruas jalan itu diantaranya jalan Pasar Kembang-Kadilajo, ruas Jatirajek-Jiwan, serta ruas Kaliwuluh-Dompol. Harjaka membenarkan ruas Kaliwuluh-Dompol diperbaiki melanjutkan perbaikan jalan di Jl Deles Indah yang sudah bergulir dari sisi wilayah Deles sejak tahun lalu.

“Iya, salah satu fokus perbaikan tahun depan di jalur evakuasi di lereng Gunung Merapi,” kata Harjaka saat dihubungi Solopos.com, Kamis (26/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya