SOLOPOS.COM - Hanifah, pemenang doorprize seekor sapi di acara jalan sehat bersama Bupati Jekek di Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Minggu (30/10/2022) pagi. (Istimewa/Panita Penyelenggara Jalan Sehat di Jatisari)

Solopos.com, WONOGIRI — Hanifah, seorang anak yatim asal Desa Sugihan, Kecamatan Jatiroto memperoleh hadiah utama alias doorprize berupa seekor sapi saat mengikuti jalan sehat di Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Minggu (30/10/2022) pagi. Kegiatan jalan sehat bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek itu diikuti 15.000 orang.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, panitia penyelenggara menyediakan hadiah utama berupa sepeda motor dan seekor sapi dalam kegiatan Jalan Sehat Mlaku-Mlaku Bareng Mas Jekek. Di kesempatan itu, terjual sekitar 17.000 kupon. Satu kupon seharga Rp4.000 untuk umum dan Rp2.000 untuk pelajar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hanifah merupakan seorang pelajar SMA yang menjadi anak yatim saat pandemi Covid-19. Di sisi lain, peraih hadiah utama sepeda motor matik, yakni Dita Anggraeni, warga Dusun Cinderejo, Jatisari, Jatisrono.

Sebagaimana diketahui, ribuan orang mengikuti jalan sehat sepanjang enam kilometer di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Minggu (30/10/2022). Selain sebagai hiburan, mereka mengikuti kegiatan itu karena berharap mendapatkan doorprize utama satu unit sepeda motor dan seekor sapi.

Kepala Desa (Kades) Jatisari, Teguh Subroto, mengatakan kegiatan jalan sehat diselenggarakan dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda dan hari ulang tahun ke-1 Pasar Pagi Jatisari. Kegiatan itu juga bertujuan memberdayakan, membangkitkan, dan meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Desa Jatisari.

Baca Juga: 15.000 Orang Hadiri Jalan Sehat di Jatisari Wonogiri, Pedagang Panen Rezeki

“Tujuan utama dari kegiatan ini sebenarnya membangkitkan UMKM Desa Jatisari. Makanya ada bazar UMKM di sini. Ada lebih dari 100 UMKM Desa Jatisari yang mengikuti ini. Kami dorong mereka menjajakan usahanya di sini. Dengan begitu, kami berharap mereka semangat, bangkit, dan percaya diri mengembangkan usaha dan tetap bekerja di desa,” kata Teguh saat berbincang dengan Solopos.com di lapangan sepak bola Jatisari, Minggu (30/10/2022).

Ketua Kelompok UMKM Desa Jatisari, Karsi, menyebut perputaran uang di bazar UMKM jalan sehat itu bisa mencapai lebih dari Rp200 juta. Hal itu mengingat pada kegiatan pasar pagi yang dilaksanakan tiap Minggu di samping lapangan itu, para pedagang bisa mengantongi omzet Rp1 juta-Rp2 juta/hari.

Terlebih pada kesempatan itu, orang yang mendatangi bazar mencapai ribuan sehingga omzet yang didapatkan pedagang ditaksir melebihi pendapatan saat gelaran pasar pagi. Jumlah pelaku UMKM yang ada di kegiatan jalan santai mencapai lebih dari 100 pelaku usaha.

Baca Juga: Berhadiah Seekor Sapi, Ribuan Orang Ikuti Jalan Sehat di Jatisari Wonogiri

“Pedagang pecel misalnya, kalau di pasar pagi itu bisa dapat sampai Rp1,5 jutaan. Jadi kalau diitung, dengan jumlah pelaku UMKM lebih dari 100, perputaran uangnya minimal Rp200 juta. Apalagi ini yang datang sampai ribuan orang,” kata Karsi

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, turut mengikuti kegiatan itu agar bisa bersinergi dengan masyarakat. Selain di Jatisari, kegiatan jalan sehat juga sudah dan akan digelar di desa atau kecamatan lain di Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya