SOLOPOS.COM - Kendaraan berbalik arah di jalan tembus Tawangmangu, Karanganyar, menuju Sarangan, Jawa Timur, yang ditutup karena ada longsor, Minggu (6/2/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan tembus dari Tawangmangu, Karanganyar, menuju  Sarangan, Jawa Timur, ditutup total lantaran terjadi longsor di beberapa lokasi pada Minggu (6/2/2022) malam.

Longsoran berupa bebatuan besar menutup sebagian badan jalan. Kendaraan dari arah Sarangan menuju Tawangmangu maupun sebaliknya harus putar balik. Sukarelawan Lintas Tawangmangu Sutrisno mengatakan longsor terjadi di beberapa lokasi jalan tembus Tawangmangu-Sarangan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: Talut Jembatan Penghubung Jatiyoso-Tawangmangu Karanganyar Longsor

Salah satunya longsor terjadi di selatan Gondosuli. “Jalan tembus ditutup dan kendaraan dialihkan ke jalan lama,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (6/2/2022) malam.

Ia mengatakan bencana tanah longsor jalan tembus itu terjadi setelah wilayah Tawangmangu, Karanganyar, diguyur hujan deras sejak Minggu siang. Tebing jalan tembus dengan material bebatuan longsor hingga memakan badan jalan.

Baca Juga: Tebing di Beruk Karanganyar Longsor Timbun Jalan, 500 Jiwa Terisolasi

Proses evakuasi baru bisa dilaksanakan pada Senin (7/2/2022) pagi. “Evakuasi besok pagi [Senin], karena malam ini tidak memungkinkan. Cuaca tidak mendukung,” katanya.

Sutrisno mengingatkan warga untuk mewaspadai bencana tanah longsor saat musim penghujan ini. Sebab tanah yang lama dalam kondisi kering biasanya rapuh dan merekah sehingga ketika diguyur air hujan sangat mudah longsor.

Baca Juga: Hujan 6 Jam, Tebing 20 Meter di Karanganyar Longsor

Selain jalan tembus, di Tawangmangu, Karanganyar, terdapat enam daerah rawan longsor masing-masing Tengklik, Blumbang, Nglebak, Gondosuli, Sepanjang, dan Bandardawung.

“Secara geografis, lokasi Tawangmangu ini kan berada di dataran tinggi [tanahnya dikenal mudah bergerak]. Kami terus memantau kondisi di masing-masing daerah,” katanya.

Baca Juga: Tebing Setinggi 35 Meter di Beruk Karanganyar Longsor Timbun Jalan, Begini Penampakannya

Ia mengatakan pemantauan ancaman longsor dipusatkan di Posko Induk Tawangmangu di kompleks Kantor Kecamatan Tawangmangu. Posko tersebut menjadi pusat informasi bagi sukarelawan yang tersebar di seluruh daerah di Tawangmangu.

Di setiap desa tersebar sukarelawan. Mereka memberi informasi terkait perkembangan terkini terkait kondisi di daerah masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya