SOLOPOS.COM - Polisi dan TNI bersama-sama sukarelawan membersihkan material longsoran di jalan tembus Tawangmangu-Sarangan pada Senin (7/2/2022). (Foto/Istimewa Sukarelawan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan tembus Tawangmangu, Jawa Tengah menuju Sarangan, Jawa Timur mulai dibuka kembali, Senin (7/2/2022) setelah sempat ditutup karena tebing di jalan tembus tersebut longsor, Minggu (6/2/2022) malam.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, mengatakan jalan tembus Tawangmangu-Sarangan baru dibuka pukul 09.00 WIB. Kendaraan dari arah Sarangan menuju Tawangmangu atau sebaliknya sudah bisa melintasi jalur tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Akses Tawangmangu-Sarangan melalui jalan [tembus] ditutup sejak [Minggu] pukul 18.00 WIB sampai [Senin] tadi pagi. Dan sekarang sudah kami buka,” kata Kasatlantas ketika berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Baca Juga : Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Karanganyar Ditutup Lur, Ada Longsor

Kasatlantas mengatakan rawan terjadi tebing longsor di sepanjang jalur Tawangmangu-Sarangan melalui jalan tembus. Longsoran kerap terjadi terutama saat memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi.

Material longsoran berupa tanah dan bebatuan juga sering menutup badan jalan sehingga menutup akses di jalur itu. Pihaknya mengingatkan pengguna jalan untuk mewaspadai tebing longsor di jalan tembus Tawangmangu-Sarangan.

“Hati-hati saat melintas di jalan itu [jalan tembus Tawangmangu-Sarangan]. Kalau hujan deras kami imbau untuk berhenti dulu ditempat aman. Keselamatan yang utama,” ujarnya.

Baca Juga : Truk Kecelakaan di Jalan Tembus Tawangmangu Karanganyar, Bata Berceceran di Jalan

Sukarelawan Lintas Tawangmangu, Sutrisno, mengatakan jalan tembus Tawangmangu-Sarangan dibuka setelah dilakukan pembersihan material longsor pada Senin pagi. Pembersihan dilakukan melibatkan BPBD Kabupaten Karanganyar, Polisi, TNI, dan sukarelawan.

“Kami singkirkan material longsoran seperti bebatuan ke pinggir. Termasuk juga tanah longsoran,” tuturnya.

Dia mengatakan membutuhkan waktu membersihkan material longsoran. Hal ini karena material longsor berupa bebatuan. Pembersihan material baru bisa dikerjakan Senin pagi lantaran kondisi cuaca tidak mendukung sehingga menghambat proses evakuasi material tanah longsor pada Minggu malam.

Baca Juga : Waduh! Hujan Deras, Aspal di Tawangmangu Mengelupas

“Baru bisa dikerjakan pagi hari karena dari semalam hujan terus menerus. Sekarang kondisinya sudah clear [aman],” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya terjadi longsor di beberapa lokasi jalan tembus Tawangmangu-Sarangan pada Minggu (6/2/2022) malam. Hal ini mengakibatkan akses jalan tertutup material longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya