SOLOPOS.COM - Calon penumpang antre naik BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri di halte Terminal Tipe C depan Pasar Kota Wonogiri, Selasa (8/8/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Jalur Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri dialihkan setiap hari Minggu selama acara Car Free Day (CFD) mulai pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Ada satu halte yang tidak dilewati bus yang baru diluncurkan pengoperasiannya pada Selasa (8/8/2023) lalu itu saat pengalihan jalur. Halte tersebut berlokasi di dekat SDN 6 Wonogiri, Jl Pemuda, Sanggrahan, Giripurwo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebagai informasi, Jl Pemuda mulai dari Perempatan Ponten hingga Jl Ir Soekarno (sampai Jembatan Jurang Gempal) ditutup karena menjadi lokasi penyelenggaraan CFD di Wonogiri setiap Minggu pagi.

Minggu (13/8/2023) ini merupakan hari Minggu pertama ada operasional BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri. Normalnya rute BRT Trans Jateng dari arah Solo akan berbelok ke Jl Pemuda di Simpang Ponten.

Di Jl Pemuda ada satu halte dekat SDN 6 Wonogiri. Bus kemudian akan berjalan melewati selter angkutan Wonogiri, berbelok di Jl Perwakilan (depan SMAN 1 Wonogiri), terus sampai Jl Kedungringin (depan SMPN 6 Wonogiri).

Bus lalu belok kanan di perempatan Gudang Seng menuju Terminal Tipe C depan Pasar Kota Wonogiri. Namun, pada Minggu pagi saat CFD berlangsung, jalur BRT Trans Jateng tersebut dialihkan.

Berdasarkan unggahan akun Instagram @brttransjateng, BRT dari arah Solo akan berbelok ke kiri di Simpang Metro Jl A Yani – Jl Gunung Giri – (Jl Raya Wonogiri-Jatipuro) – Jl Salak V – Jl Pemuda – Terminal Tipe C Wonogiri.

Sementara itu, Minggu (13/8/2023) juga merupakan hari terakhir promo gratis naik BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri yang sudah berlangsung sejak hari pertama beroperasi, Selasa lalu. Selanjutnya, penumpang mesti membayar tiket untuk naik bus yang dikelola Balai Transportasi Jawa Tengah tersebut.

Harga tiket untuk penumpang umum ditetapkan Rp4.000/orang sekali perjalanan, sedangkan pelajar, mahasiswa, buruh, dan veteran cukup membayar Rp2.000/orang sekali jalan. Khusus hari Minggu dan hari libur nasional hanya berlaku tarif umum dan veteran.

Ada 14 unit BRT Trans Jateng yang melayani rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri secara reguler dengan jam operasi mulai pukul 05.00 WIB dan terakhir sampai tujuan pukul 19.00 WIB. Jarak atau interval pemberangkatan antarbus sekitar 20 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya