SOLOPOS.COM - Tim MDMC Karanganyar berfoto bersama di dekat Pos Pendakian Cemoro Kandang, Tawangmangu, Minggu (2/10/2016) pagi. (Istimewa/MDMC Karanganyar)

Meski jalur licin, ratusan orang mendaki Gunung Lawu melalui Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karangnyar, sore ini.

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan orang terus berdatangan ke Gunung Lawu, melalui Pos Pendakian Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, memasuki Muharam 1438 Hijriyah atau Sura menurut penanggalan Jawa, Sabtu-Minggu (1-2/10/2016). Sebagian dari mereka hendak melakukan ritual di puncak Gunung Lawu, namun sebagian lagi merupakan anggota pecinta alam.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tidak kurang dari 500 pendaki terpantau memasuki kawasan Gunung Lawu dari Pos Cemoro Kandang. Pendaki lain naik melalui Pos Cemoro Sewu. Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan pendakian, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Karanganyar mengerahkan 25 personel. Tim yang terdiri personel search and rescue (SAR), dan medis (dokter dan perawat), bertugas Sabtu-Senin (1-3/10/2016).

Tim MDMC Karanganyar bergabung dengan tim Polsek Tawangmangu, Perhutani BKPH Lawu Utara, Anak Gunung Lawu (AGL), SAR Karanganyar, dan sukarelawan lain, membuat posko di Pos Pendakian Cemoro Kandang. Mereka disebar di pos-pos pendakian. Baca juga: Hujan Deras di Gunung Lawu , 7 Peziarah Sempat Terjebak Gua Telaga Wali.

“Di jalur Cemoro Kandang ada enam pos. Kami tugaskan tiga personel SAR dan satu paramedis di tiap posnya. Mereka bertugas memberikan bantuan bila ada pendaki yang mengalami kondisi darurat,” ujar Faris, Korlap Tim MDMC Karanganyar di Cemoro Kandang.

Dia mengimbau calon pendaki membawa peralatan yang memadai sebelum melakukan aktivitas pendakian di Gunung Lawu. Apalagi hujan deras sering mengguyur kawasan hutan beberapa hari terakhir. Situasi tersebut membuat jalur pendakian sangat licin dan berbahaya.

Pernyataan senada disampaikan Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, melalui Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler (ponsel). Menurut dia persiapan matang mutlak dilakukan sebelum mendaki.

Dia mengapresiasi partisipasi berbagai organisasi sukarelawan tanggap bencana di Karanganyar, dalam mengamankan kegiatan pendakian Gunung Lawu. “Alhamdulillah sejauh ini tidak ada insiden. Mudah-mudahan aman terkendali sampai akhir,” harap dia.

Kapolsek menjelaskan pengamanan bulan Suro dilakukan di lima lokasi berbeda, yaitu di Sendang Lanang/Eyang Bancolono, Pos Pendakian Cemoro Kandang, Pancuran Pringgodani, Tempuran Sungai Sekerincing, dan Puncak Jabal Kanil, Bandardawung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya