SOLOPOS.COM - PEMBUKAAN JALAN LINGKAR -- Kendaraan bermuatan berat mulai melewati jembatan Kalikiring, Mojosongo, Boyolali, di jalan lingkar utara Kota Boyolali, Senin (25/7/2011). (JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Boyolali (Solopos.com) – Arus lalu lintas di tengah kota Boyolali berangsur-angsur mulai normal. Hal ini menyusul dibukanya kembali jalur lingkar utara, Senin (25/7/2011). Pembukaan jalur ini sebagai persiapan menjelang arus mudik perayaan Hari Raya Idul Fitri pada bulan Agustus mendatang. Kendaran bertonase berat seperti truk, tronton dan bus angkutan umum pun kembali dilarang menggunakan jalur tengah kota. Jalur ini diperuntukkan seperti semula yaitu untuk lalu lintas angkutan kota dan kendaraan pribadi.

PEMBUKAAN JALAN LINGKAR -- Kendaraan bermuatan berat mulai melewati jembatan Kalikiring, Mojosongo, Boyolali, di jalan lingkar utara Kota Boyolali, Senin (25/7/2011). (JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolres Boyolali, AKBP Romin Thaib melalui Kasat Lantas Iptu Sugino mengatakan pengoperasionalan kembali jalur lingkar utara diharapkan bisa mengurai kepadatan dan kemacetan jalur utama di tengah kota. “Polres dan Pemkab Boyolali telah menyurvei kondisi jalur lingkar utara dan jembatan Kalikiring. Keduanya telah selesai diperbaiki dan bisa difungsikan lagi,” terangnya.

Dijelaskan, jalur lingkar utara layak untuk lalu lintas angkutan berat. Menurutnya, pembukaan kembali jalur lingkar utara jelang arus mudik akan memperlancar arus lalu lintas. Terutama untuk kendaraan berat dari arah Semarang menuju Solo. “Ada satu titik rawan kecelakaan yaitu di tikungan jembatan Kalikiring,” tambahnya.

Ditambahkan, pihak Satlantas Polres Boyolali akan melakukan sosialisasi selama tiga hari berturut-turut untuk mengarahkan pada pengemudi kendaraan berat dan bus angkutan umum untuk masuk jalur lingkar utara. Jajarannya bekerjasama dengan Bidang Perhuhubungan Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, Pertambangan dan Kebersihan (DPUPPK).

Terpisah, salah seorang pengemudi truk, Hartoyo, warga Ungaran, Semarang menyambut baik pembukaan kembali jalur lingkar utara. “Kami senang jalan kembali dibuka. Jika lewat tengah kota ramai dan macet. Terlebih jika melalui pasar dan kantor,” tandasnya.

rid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya