SOLOPOS.COM - Pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar. (Istimewa/ Sukarelawan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalur pendakian Gunung Lawu resmi ditutup Jumat (12/1/2024) pukul 20.00 WIB.

Penutupan jalur pendakian melalui pos Cemoro Kandang dan Cetho di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sedangkan jalur pendakian via Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, tetap dibuka.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penutupan jalur pendakian di Karanganyar merujuk surat Perhutani Nomor 0013/043.7/Sra/Divre Jateng/2024 tentang Penutupan Jalur Pendakian Puncak Lawu via Cetho dan Cemoro Kandang, Pringondani dan Taman Saraswati.

Surat tersebut ditandatangani Administratur/KKPH Surakarta Herry Merkussiyanto P. tertanggal 12 Januari 2024.

Herry menyampaikan penutupan pendakian Gunung Lawu mempertimbangkan perjanjian kerja sama pelestarian hutan dan pengelolaan kepariwisataan pada wana wisata Puncak Lawu Pringgodani, Taman Saraswati Nomor: 01/043.7/HK&KOMPERS/SRA/DIVRE/JATENG/2023 antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Perum Perhutani KPH Surakarta, dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Karanganyar berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Kemudian surat edaran Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tanggal 30 Desember 2023 Nomor T/ME.02.04/057 perihal peringatan dini potensi curah hujan lebat, menjadikan kewaspadaan dan menghindari lokasi wisata yang berpotensi mengalami bencana hidometeorologi seperti tanah longsor.

Hal itu juga diperkuat dengan arahan Kepala Divisi Regional Jawa Tengah untuk mitigasi rawan bencana tanah longsor pada lokasi jalur pendakian gunung dalam wilayah Jawa Tengah.

“Dengan pertimbangan itu dalam rangka antisipasi tanah longsor dan keselamatan para pendaki maupun masyarakat yang beraktivitas di Gunung lawu maka ditutup,” kata dia.

Herry juga mengatakan belum adanya proses perpanjangan PKS dengan Pemkab Karanganyar terkait dengan pengelolaan wisata Pendakian Puncak lawu Pringgondani, Taman Saraswati maka jalur pendakian melalui pintu masuk Cemoro Kandang dan Cetho dilakukan penutupan sementara sambil menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

“Penutupan jalur pendakian puncak Lawu diberlakukan terhitung mulai Jumat tanggal 12 Januari 2024 pukul 20.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan,” katanya.

Herry mengatakan pengumuman penutupan sementara pendakian Gunung Lawu telah diinformasikan di pintu masuk jalur pendakian dan media sosial (medsos).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya