SOLOPOS.COM - Anggota Kokam mengikuti apel Jambore Kokam Jateng di bumi perkemahan Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Jumat (23/6/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Sekitar 1.200 anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah atau Kokam berkumpul untuk mengikuti jambore di Bumi Perkemahan Kepurun, Kecamatan Manisrenggo, Klaten.

Selama tiga hari atau Jumat-Minggu (23-25/6/2023), mereka mengikuti acara yang digelar oleh Kokam VI Jawa Tengah (Jateng) Pimpinan wilayah Pemuda Muhammadiyah Jateng itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Apel jambore Kokam VI digelar di Lapangan Kepurun, Jumat (23/6/2023) siang. Apel dipimpin Ketua Umum PAN sekaligus Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan.

Apel jambore Kokam se-Jateng di Kepurun, Klaten, itu dihadiri pula oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jateng dan Komandan Kokam Jateng, pengurus Aisyiyah. Begitu juga perwakilan Pemkab Klaten, Kodim 0723/Klaten, serta Kapolres Klaten.

Pada kesempatan itu, Zulkifli mengajak anggota Kokam menjadi pelopor di Indonesia untuk terus memperkuat persatuan apalagi memasuki tahun politik. “Sungguh saya berharap Kokam menjadi pelopor, menjadi role model, menjadi inspirasi bagi anak bangsa lainnya untuk memperkuat persatuan. Dengan bersatu kita kokoh,” kata Zulkifli.

Komandan Kokam Jateng, Andika Budi Riswanto, mengatakan jambore itu diikuti 1.200 anggota Kokam perwakilan dari kabupaten/kota di Jateng. Kegiatan itu menjadi agenda rutin Kokam Jateng dan digelar secara bergiliran.

“Kegiatan ini menjadi acara untuk silaturahmi dan diisi dengan berbagai lomba-lomba,” jelas Andika. Selain kegiatan lomba, pada rangkaian kegiatan itu diisi sarasehan yang menghadirkan sejumlah tokoh Muhammadiyah salah satunya Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.

Soal politik, Andika mengatakan Kokam merupakan organisasi di bawah Muhammadiyah. Sesuai khitah Muhammadiyah, Kokam juga menegaskan bukan organisasi politik dan tidak melakukan politik praktis. “Teman-teman Kokam silakan berpolitik [secara pribadi], namun tidak mengatasnamakan organisasi,” kata dia.

Andika mengatakan Kokam berkonsentrasi pada kegiatan kemanusiaan. Salah satunya selama masa pandemi Covid-19, seluruh anggota Kokam diterjunkan membantu penanganan Covid-19.

Pembina Kokam Klaten, Darmadi, mengatakan jambore di Kepurun, Klaten, itu digelar selain menyambung silaturahmi juga diisi dengan aneka lomba. Lomba itu seperti baris berbaris, memanah, pidato, dan lain-lain. “Intinya bersilaturahmi, bergembira,” kata Darmadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya