SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo melakukan pengecekan bus di garasi PO Rajawali, Solo, Selasa (20/12/2022). Kegiatan itu merupakan rangkaian pengecekan untuk pelayanan Natal dan Tahun Baru (Nataru). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Tim gabungan dari Dinas Perhubungan atau Dishub Solo dan Satlantas Polresta Solo melakukan inspeksi ke tiga PO bus dan pemeriksaan kelaikan dan keselamatan atau ramp check bus menjelang masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

Hal ini bagian dari inspeksi kelaikan angkutan penumpang sekaligus menekan risiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Tim gabungan mendatangi tiga perusahaan otobus (PO) yakni Rosalia Indah, Rajawali, dan Mata Trans, Selasa (20/12/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pemeriksaan ramp check bus diawali dengan mendatangi PO Rosalia Indah. Petugas melakukan pengecekan kelayakan jalan seperti roda, rem, lampu sein, lampu utama. serta dokumen kelengkapan kendaraan seperti uji kir.

Dari tiga unit bus yang dicek secara sampling saat inspeksi di PO bus oleh Dishub Solo, semua dinyatakan layak beroperasi untuk mengangkut penumpang saat libur perayaan Natal dan Tahun Baru. Kemudian, tim gabungan bergeser ke garasai PO Rajawali.

Di garasi, terdapat bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dengan trayek jurusan Solo-Semarang. Dari dua sampel bus, satu di antaranya harus melengkapi alat pemadam api ringan (APAR) dan perbaikan kaca depan bus sebelum beroperasi.

Baca Juga: Tenang! Perayaan Natal di Gereja Solo Dijaga 1.018 Petugas Keamanan Gabungan

“Bus yang layak beroperasi ditempeli stiker dari Kementerian Perhubungan [Kemenhub]. Itu menandakan bus layak beroperasi mengangkut penumpang,” kata Kepala Bidang Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Solo, Henry Sagara, Selasa.

Terakhir, tim gabungan Dishub Solo mendatangi garasi bus PO Mata Trans. Tiga unit bus yang dilakukan ramp check dinyatakan layak beroperasi. Selama ini, PO Mata Trans tidak melayani trayek reguler melainkan carter perjalanan wisata.

Menurut Henry, cek kelaikan kendaraan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan setiap bus memenuhi standard operating procedure (SOP) dalam mengangkut penumpang.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, DPUPR Solo Kerahkan Tim Sapu Lubang Sisir Jalan Rusak

“Ramp check harus dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang saat masa libur panjang seperti Lebaran atau Natal dan Tahun Baru. Mulai dari lampu, rem, alat kemudi, hingga kaca depan, kaca belakang,” ujarnya.

Penguatan inspeksi kelayakan angkutan Natal dan Tahun Baru diharapkan mampu menekan tingkat kecelakaan di jalan raya saat masa peak season atau puncak musim libur akhir tahun. Upaya serupa juga dilakukan tatkala menjelang libur Lebaran. Kelayakan angkutan penumpang saat Lebaran harus benar-benar dipastikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya