SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo melalukan ramp check bus di Terminal Sukoharjo, Senin (1/4/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo dan Satlantas Polres Sukoharjo melakukan pemeriksaan kelayakan dan keselamatan atau ramp check bus menjelang Lebaran. Hal ini bagian dari inspeksi kelayakan angkutan penumpang sekaligus menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Pantauan Solopos.com, Senin (1/4/2024), tim gabungan menyetop bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antar provinsi (AKAP) yang melewati Terminal Sukoharjo. Petugas melakukan pengecekan kelayakan jalan seperti roda, rem, lampu sein, dan lampu utama. Dokumen kelengkapan kendaraan seperti uji kir dan surat izin mengemudi (SIM) tak luput dari pemeriksaan petugas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bus juga harus dilengkapi alat pemadam api ringan (Apar) untuk mengantisipasi bila terjadi kebakaran. “Kami ingin memastikan bus yang mengangkut pemudik yang hendak pulang kampung benar-benar layak beroperasi. Sebagian besar bus yang melewati Sukoharjo, jurusan Wonogiri-Jakarta maupun sebaliknya. Sekarang mereka berangkat ke Jakarta, mungkin besok atau lusa mengangkut perantau yang pulang ke Sukoharjo atau Wonogiri,” kata Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Sukoharjo, Agus Eko Budiyono, Senin.

Menurut Agus, cek kelaikan kendaraan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan setiap bus memenuhi standar operational prosedur (SOP) dalam mengangkut penumpang. “Ramp check harus dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang saat masa libur panjang Lebaran. Mulai dari lampu, rem, alat kemudi, kaca depan, dan kaca belakang,” ujar dia.

Penguatan inspeksi kelayakan angkutan Lebaran diharapkan mampu menekan tingkat kecelakaan di jalan raya saat masa peak season atau puncak musim libur. Kelayakan angkutan penumpang saat Lebaran harus benar-benar dipastikan demi keselamatan penumpang.

Sementara itu, Kanit Kamsel Satlantas Polres Sukoharjo, Ipda Niken Sri Mahersi, mewakili Kasatlantas, AKP Betty Nugroho, mengatakan sebelumnya ramp check juga dilakukan di perusahaan otobus (PO) Gunung Mulia pada beberapa waktu lalu. Petugas gabungan juga melakukan pengecekan kelayakan jalan seperti rem, lampu sein, dan ban bus.

Kegiatan serupa bakal kembali dilakukan saat arus balik Lebaran untuk memastikan bus layak mengangkut penumpang yang hendak kembali ke daerah perantauan. “Di PO Gunung Mulia, pengecekan dilakukan secara sampling. Semua bus layak beroperasi mengangkut penumpang,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya