SOLOPOS.COM - Ronny Roekmito (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ronny Roekmito (JIBI/SOLOPOS/dok)

KLATEN – Dinas Kesehatan (Dinskes) Klaten akan menerjunkan tim khusus ke calon penerima kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) 2012 untuk memastikan program itu tidak salah sasaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Klaten, Ronny Roekmito, Jumat (10/2/2012). Menurut Ronny, pendataan calon penerima kartu Jamkesda sudah selesai dilakukan pada Jumat kemarin. Dalam jangka dekat, pihaknya juga akan membentuk tim khusus untuk memeriksa administrasi pengajuan Jamkesda oleh kalangan kepala desa (Kades).

“Verifikasi data akan dilakukan beberapa hari ke depan. Kalau ditemukan data yang mencurigakan, tim akan mengecek ke rumah warga yang bersangkutan. Apakah calon penerima Jamkesda itu benar-benar warga setempat? Apakah warga itu benar-benar miskin atau sengaja mengaku miskin agar mendapatkan Jamkesda? Penerjunan tim itu penting untuk memastikan bahwa Jamkesda tidak salah sasaran nantinya,” papar Ronny.

Ronny mengaku sudah mengingatkan kepala desa dan perangkat desa untuk menyeleksi warga penerima Jamkesda. Dinkes tidak menginginkan program ini salah sasaran atau diberikan kepada warga yang tidak masuk kategori miskin. Pihaknya juga mengimbau warga tidak meminjamkan kartu Jamkesda kepada warga lain sebagaimana yang pernah terjadi selama ini.

Dinkes Klaten berencana menaikkan kuota penerima kartu Jamkesda menjadi sekitar 25.000 jiwa. Semula, kuota penerima Jamkesda mencapai 20.250 jiwa. Dinkes menargetkan penambahan penerima Jamkesda hingga 5.000 jiwa pada tahun ini. Penambahan kuota itu merupakan pengalihan dari kuota warga penerima Jamkesda khusus khusus layanan persalinan yang saat ini sudah ditopang dari program jaminan persalinan (Jampersal) dari pemerintah pusat.

JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya