SOLOPOS.COM - Warga memadati ruas Jl. Mayor Kusmanto saat digelar car free day, Minggu (17/7/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemkab meniadakan car free day (CFD) di Jl. Mayor Kusmanto Klaten selama tiga pekan. CFD diliburkan untuk kelancaran arus lalu lintas selama ada mudik dan balik Lebaran 2023.

Kegiatan CFD ditiadakan pada Sabtu (15/4/2023), Minggu (23/4/2023), dan Minggu (30/4/2023). Sebagai informasi, selama Ramadan penyelenggaraan CFD Jl. Mayor Kusmanto dialihkan saban Sabtu sore.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selain untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran, peniadaan CFD dilakukan lantaran seluruh petugas dikonsentrasikan pada Pospam Lebaran.

“Iya [CFD ditiadakan selama tiga pekan]. Pertimbangannya karena untuk kelancaran arus lalu lintas saat selama mudik dan balik. Dimungkinkan pada 30 April itu masih terjadi arus balik karena pada 1 Mei ada libur,” kata Kepala Dishub Klaten, Supriyono, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (16/4/2023).

Sementara itu, Kabag Ops Polres Klaten, Kompol M. Aslam, mengatakan ada lima pos yang disiapkan untuk kegiatan Operasi Ketupat Candi, mengamankan jalur mudik dan balik Lebaran. Kelima pos itu tersebar di Prambanan, Tegalyoso, Alun-alun Klaten, Delanggu, serta Jatinom.

Unsur yang dilibatkan di setiap pos berasal dari berbagai instansi dan organisasi seperti TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar Klaten, Dishub, Orari, Pramuka, dan organisasi lainnya.

“Rencana operasi dimulai pada Selasa [18/4/2023] pukul 00.00 WIB sampai Senin [1/5/2023],” kata Kompol Aslam.

Terkait antisipasi kepadatan pada titik keluar tol fungsional Solo-Jogja di wilayah perbatasan tiga kabupaten, Kompol Aslam menjelaskan ada pos terpadu yang didirikan Polda Jawa Tengah di wilayah Sanggung, Kabupaten Sukoharjo.

“Di sana akan didirikan Pos Terpadu dari Polda, di Sanggung yang menjadi perbatasan Klaten, Sukoharjo, dan Boyolali. Nanti personel di sana diisi dari tiga Polres,” kata Kabag Ops.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya