SOLOPOS.COM - Anak-anak bermain di salah satu kolam renang kawasan Janti Park, Minggu (20/12/2020). Objek wisata yang dikembangkan di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo itu baru dibuka pada Minggu. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Janti Park berlokasi di Dukuh Ngendo, Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Janti Park tergolong objek wisata baru di Kabupaten Klaten.

Janti Park Klaten dibuka di tengah pandemi Covid-19. Soft opening Janti Park baru dibuka, Minggu (20/12/2020). Harga tiket masuk senilai Rp5.000/orang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Jam buka Janti Park selama soft opening pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Objek wisata ini lokasinya berseberangan dengan salah satu retoran dan pemancingan, Lumintu.

Objek wisata yang dikembangkan pemerintah Desa Janti dan dikelola Badan Usaha Milik (BUM) Desa Janti Jaya bersama karang taruna itu mengambil konsep taman wisata air serta restoran. Sesuai namanya, ada taman bunga di sekeliling objek wisata air itu.

Ada tiga kolam renang dengan kedalaman dari 50 sentimeter hingga 1,7 meter. Ada sungai buatan dengan kedalaman 50 sentimeter yang mengelilingi objek wisata dan terhubung dengan salah kolam anak-anak.

Baca Juga: Diduga Jadi Lokasi Mesum-Prostitusi, Kawasan Taman Kuliner MPP Klaten Diawasi

Jembatan melengkung di atas sungai buatan menjadi penghubung bagian tengah objek wisata yang dihiasi aneka bunga berwarna-warni serta gazebo.

Selain kolam renang dan taman bunga, wisata Janti Park Klaten juga dilengkapi kolam terapi ikan serta kolam khusus pemancingan. Pengunjung bisa memancing di kawasan tersebut tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Biaya baru dikeluarkan ketika pengunjung membawa pulang ikan hasil tangkapan sesuai berat ikan setelah ditimbang. Ikan hasil tangkapan bisa diolah petugas di Janti Park Klaten dan dinikmati langsung oleh pengunjung.

Dalam waktu dekat, di sekeliling kolam pemancingan dilengkapi pemanggang. Hal itu ditujukan agar pengunjung bisa memasak sendiri ikan hasil tangkapan serta menggelar pesta barbeque.

Baca Juga: Ini Dia Aneka Kuliner di Dekat Stasiun Klaten

Daya tarik lain pada objek wisata itu yakni mandi salju. Pada salah satu kolam anak-anak dilengkapi mesin yang mengeluarkan busa berwarna putih selayaknya salju.

Busa itu dibuat dari bahan sabun dengan formula khusus dan diterbangkan melalui blower. Di sekitar kolam, ada patung manusia salju serta tenda berwarna putih dan dibentuk selayaknya iglo (rumah orang eskimo).

“Lokasi ini dulunya sawah namun tidak produktif karena tanahnya keras,” kata Direktur BUM Desa Janti Jaya, Danang Joko Wijayanto, Minggu (20/12/2020).

Dilansir dari travelspromo.com, Minggu (16/10/2022), Janti Park Klaten menjadi pembeda tumbuhnya kawasan wisata di daerah setempat. Jika kawasan di Janti di waktu sebelumnya lebih banyak berupa wisata pemandian dan pemancingan, Janti Park Klaten menawarkan tempat rekreasi keluarga yang memiliki banyak wahana. Di sini, wisatawan bisa merasakan beragam keseruan yang unik dan jarang ada di tempat lain.

Baca Juga: Puncaki Voting API Award 2022, Ini Keistimewaan Girpasang Klaten

Jarak dari Solo menuju Janti Park Klaten mencapai 24,4 km atau sekitar 48 menit. Dari arah Solo, begitu melintasi Jl. Solo-Jogja, tepatnya di kawasan Tegalgondo, pengunjung bisa belok kanan ke arah Jl. Tegalgondo-Janti. Lokasi Janti Park berada di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya