SOLOPOS.COM - Vice President of Public Affairs and Communication Office Huawei, James Sun bersama timnya di ruang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Balai Kota Solo, Rabu (24/5/2023). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajaki kerja sama dengan Huawei untuk mewujudkan jaringan Internet tercepat di Indonesia ke Solo. Infrastruktur jaringan Internet dibangun mulai dari Solo Technopark (STP).

“Kerja sama Internet tercepat se-Indonesia. Ini kombinasi 5G dan fiber optic,” kata Gibran setelah melakukan pertemuan tertutup dengan petinggi Huawei di Balai Kota Solo, Rabu (24/5/2023) siang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Menurut dia, Huawei akan menyiapkan infrastruktur jaringan Internet tercepat dimulai dari STP. Nantinya jaringan itu diluaskan di Kota Solo. Dia mengklaim kecepatan Internet seperti di Singapura.

“Operatornya bisa Indosat, Telkomsel, bisa siapa saja,” ujarnya.

Dia mengatakan Pemkot Solo bersama Huawei segera menyusun Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman. Gibran tidak menjelaskan berapa nilai investasi Huawei di Kota Solo.

“Huawei itu sebenarnya sudah  ke sini sering. Ketika 5G diluncurkan di Solo, makanya ini ngencengin koneksinya lagi kerja samanya. 5G ini kan terkendala tower,” ungkap dia.

Vice President of Public Affairs and Communication Office Huawei, James Sun, menjelaskan Huawei bakal membawa teknologi baru untuk Kota Solo. Pihaknya memilih Kota Solo karena salah satu kota yang pertama mendapatkan layanan 5G.

Catatan Solopos.com, STP berhasil menarik dana investasi sekitar Rp137 miliar dari 23 mitra pada 2021. Investasi membuka peluang bagi STP memiliki pendapatan dari pengelolaan aset berupa hibah, sewa bangunan, dan bangun guna serah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya