SOLOPOS.COM - Atraksi seni pada upacara peringatan hari jadi ke-77 Pemkot Solo di halaman Balai Kota Solo, Jumat (16/6/2023) pagi. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo menyiapkan berbagai acara dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-78 Pemkot Solo. Rangkaian acara itu melibatkan unsur pemerintah sampai anak-anak.

Asisten Administrasi Umum Setda Solo, Kentis Ratnawati, menjelaskan Pemkot Solo memiliki tradisi ziarah makam mantan Wali Kota Solo menjelang hari jadi Pemkot Solo 16 Juni.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Dulu ziarah makam dilakukan di dalam kota. Kemudian kami mencari lokasi makam mantan wali kota yang lain sampai luar kota. Kami ziarah ke luar kota,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (10/6/2024) siang.

Menurut dia, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta organisasi perangkat daerah (OPD) Solo akan ziarah ke makam mantan Wali Kota Solo, Jumat (14/6/2024), ke makam Soemari Wongso Prawiro di Magelang dan R Hartomo di Temanggung. R Hartomo menduduki jabatan Wali Kota Solo paling lama yakni 10 tahun mulai dari 1985 sampai 1995.

Kemudian ziarah dilanjutkan ke makam di Kota Solo, Sabtu (15/6/2024), yakni Sindurejo, Slamet Suryanto, Soekatmo, Imam Sutopo, dan Budi Suharto.

Kentis mengatakan tidak ada acara pada 16 Juni 2024 karena merupakan hari Minggu dan menjelang Iduladha. Rangkaian hari jadi Pemkot Solo dilanjutkan di Taman Balekambang, Rabu (19/6/2024), dengan makan bersama baduta, kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, dan pentas seni.

“Kami melibatkan 1.000 siswa SMP untuk pentas seni serta memberikan 1.000 pack olahan ikan dibagikan kepada anak anak. Kami memberikan nutrisi dan memberikan edukasi kepada anak-anak,” papar dia.

Kentis menjelaskan tasyakuran hari jadi ke-78 Pemkot Solo mengundang keluarga mantan Wali Kota Solo serta berbagai pemangku kepentingan di Taman Balekambang, Rabu malam. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dijadwalkan mengikuti semua rangkaian acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya