SOLOPOS.COM - Sejumlah orang mengikuti kegiatan bersih-bersih Terminal Tirtonadi memperingati HUT ke-78 TNI, Senin (2/10/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Seratusan orang hilir mudik di sekitar Terminal Tirtonadi Solo. Mereka membawa peralatan kebersihan seperti sapu lidi panjang, serokan dan tong sampah. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan menyebar ke sudut-sudut terminal bus tipe A tersebut.

Pagi itu, Senin (2/10/2023), anggota Kodim 0735/Solo dan karyawan serta anggota komunitas melakukan aksi bersih-bersih sampah di Terminal Tirtonadi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka tak hanya membersihkan sampah di area dalam terminal melainkan area luar terminal. Termasuk jalur masuk dan keluar bus.

“Anggota TNI dilibatkan dalam aksi bersih-bersih terminal. Kami memang fokus pada kebersihan fasilitas publik seperti Terminal Tirtonadi Solo,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0735/Solo, Letkol Inf Eko Hardianto, Senin (2/10/2023).

Menurut Dandim, kegiatan bersih-bersih di terminal itu dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI. Peringatan HUT TNI difokuskan pada kebersihan fasilitas publik sehingga lebih nyaman bagi para penumpang bus.

Kegiatan serupa telah dilakukan anggota TNI di bantaran Kali Anyar dan Bendung Tirtonadi dengan menerjunkan sekitar 100 personel.

“Kami juga berencana melakukan bersih-bersih sampah di Stasiun Balapan Solo. Ini juga fasilitas publik yang menjadi ikon Kota Solo,” ujar dia.

Sementara itu, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tirtonadi Solo, Bandiyono, mengatakan karyawan dan anggota komunitas ikut terlibat dalam aksi bersih-bersih sampah di area terminal.

Total jumlah anggota TNI, karyawan dan anggota komunitas yang dilibatkan dalam aksi itu sekitar 250 orang.

Kegiatan bersih-bersih terminal rutin dilakukan secara berkala guna menjaga kenyamanan dan kebersihan area Terminal Tirtonadi.

Kali terakhir, kegiatan bersih-bersih terminal menghadirkan tokoh pewayangan dan mobil penyemprot air dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo pada September.

“Biasanya, gerakan bersih-bersih dilakukan setiap Jumat. Tapi masih ada spot-spot yang membutuhkan banyak orang untuk membersihkan sampah dan kotoran di area terminal,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya