SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang. (Istimewa/dok. Anak Gunung Lawu)

Solopos.com, KARANGANYAR – Jalur pendakian Gunung Lawu lewat Cemoro Kandang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ramai dipadati pendaki.

Ramainya pendaki di jalur pendakian Cemoro Kandang ini untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 pada Kamis (17/8/2023) di puncak Gunung Lawu. Anggota Anak Gunung Lawu (AGL), Budi, mengatakan puluhan pendaki telah melakukan pendakian ke Gunung Lawu melalui jalur Cemoro Kandang sejak Selasa (15/8/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Para pendaki tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “Sudah 50-an pendaki yang naik ke Lawu. Mereka sudah konfirmasi akan upacara 17 Agustus di Puncak Lawu,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu (16/8/2023).

Budi mengatakan para pendaki Gunung Lawu untuk upacara 17 Agustus masih terus berdatangan. Mereka datang secara bergelombang. Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya para pendaki akan mengikuti upacara 17 Agustus di Puncak Lawu.

Budi terus mengingatkan kepada pendaki yang hendak melakukan pendakian ke Gunung Lawu untuk mempersiapkan fisik yang prima. Sebab cuaca di Puncak Lawu sedang dingin-dinginnya dengan suhu mencapai minus 2 derajat celcius. Selain fisik prima, pendaki diminta membawa perbekalan yang cukup dan obat-obatan pendukung. Dia pun mengimbau pendaki tidak membuang sampah sembarang, apalagi membakar sampah yang rawan menimbulkan kebakaran di sana.

“Lagi musim mbediding. Suhunya sampai minus di Puncak Lawu. Siapkan mental dan fisik prima,” pintanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar Hari Purnomo mengatakan jalur pendakian ke Gunung Lawu dari Kabupaten Karanganyar terpantau ramai pendaki hingga Rabu ini. Para pendaki ini terpantau melalui pos Cemoro Kandang di Tawangmangu, Candi Cetho di Jenawi dan pos Tambak di Ngargoyoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya