SOLOPOS.COM - lustrasi pengawasan ternak (dok)

lustrasi pengawasan ternak (dok)

Karanganyar (Solopos.com)–Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karanganyar akan menerjunkan tim untuk memantau lalu lintas hewan ternak kurban menjelang Idul Adha. Tim tersebut antara lain bertugas untuk memeriksa kesehatan ternak yang biasa dijual di pinggir-pinggir jalan. Pemantauan itu bertujuan untuk memastikan hewan ternak dalam kondisi sehat dan tidak cacat, sebelum berada di tangan pembeli.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Disnakkan Karanganyar, Muhammad Hatta mengatakan, pemantauan antara lain digelar selama enam hari berturut-turut sejak Rabu (26/10)-Kamis (3/11). Beberapa wilayah yang akan disisir yakni sejumlah titik di Kecamatan Colomadu, Jaten, Tasikmadu, Kebakkramat dan Gondangrejo.

“Jangan sampai masuk ternak yang tidak sehat dan terkandung penyakit menular. Yang lebih penting lagi kita waspadai penyakit antraks yang disebabkan karena zoonosis,” ujar Hatta saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (24/10) siang.

Pemantauan juga dilakukan di pasar hewan yang berada di Pasar Karangpandan setiap Wage dan Pasar Tegalgede setiap Pahing. Saat ini, kata Hatta, sudah ada peningkatan jumlah ternak di Karanganyar. Karena itu, tugas dari tim yakni memastikan kondisi hewan kurban itu sehat, sebelum dikonsumsi. “Satu tim terdapat satu dokter hewan,” katanya.

(fas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya