SOLOPOS.COM - Anak kebo bule Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di kandang kerbau bule di Alun-alun Kidul, Solo, Rabu (18/7/2023). Kerbau Bule bernama Nyai Pahing melahirkan satu anak kerbau berjenis kelamin jantan pada Rabu (19/7/2023) pukul 11.00 WIB. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Seekor kebo bule atau mahesa bernama Nyai Pahing di Keraton Kasunanan Surakarta melahirkan seekor anak kerbau berjenis kelamin jantan menjelang Kirab Pusaka Dalem, Rabu (19/7/2023) malam. Kebo bule itu melahirkan di kandang Mahesa sebelah timur di sekitar Alun-alun Kidul.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Rabu (19/7/2023), seekor kebo bule melahirkan seekor anak kerbau pada 11.00 WIB. Anak kebo bule yang baru saja dilahirkan itu berjenis kelamin jantan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Seorang abdi dalem juru serati Mahesa Kyai Slamet Keraton Solo, Heri Sulistyo, mengatakan anak kebo bule yang baru saja dilahirkan langsung dipindah ke kandang khusus. “Tadi kebo bule melahirkan sekitar pukul 11.00 WIB. Baru saja, beberapa jam lalu. Sekarang anak kebo bule sudah dipindah ke kandang khusus,” kata dia,

Menurut Heri, kebo bule keturunan Kyai Slamet itu sudah ada tanda-tandanya hendak melahirkan sejak beberapa hari lalu. Pada pagi hari, kebo bule itu sudah gelisah. Tak berapa lama kemudian, kebo bule itu melahirkan seekor anak kerbau.

Anak kebu bule itu bakal diberi nama selepas berusia lima hari. “Setelah lima hari nanti baru diberi nama. Kalau sekarang belum ada namanya,” papar dia.

Heri mengaku tengah mempersiapkan kebo bule atau mahesa sebagai cucuk lampah Kirab Pusaka menyambut 1 Sura pada Rabu malam. Kebo bule itu bakal berjalan paling depan mengiringi pusaka keraton yang dikirab sepanjang sekitar lima kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya