SOLOPOS.COM - Pedagang kebutuhan bahan pokok sibuk melayani pembeli di Pasar Kota Wonogiri, Selasa (26/4/2022). Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Kota Wonogiri merangkak naik menjelang Lebaran 1443 H/2022 M. (Solopos.com/Muhammad D. Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Kota Wonogiri merangkak naik menjelang Lebaran 1443 H/2022 M. Kenaikan mulai dirasakan sejak H-8 Lebaran, Minggu (24/4/2022).

Pantauan Solopos.com di Pasar Kota Wonogiri, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga, antara lain daging ayam, daging sapi, dan ikan laut. Selain itu, bahan-bahan kebutuhan pokok seperti telur ayam, cabai, dan bawang merah serta bawah putih juga megalami lonjakan harga.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Penjual daging ayam, Menthi, mengatakan harga daging ayam sudah mencapai Rp40.000/kg. Harga sebelumnya tercatat Rp38.000/kg. Kenaikan harga menjelang Lebaran ini sudah dia prediksi di waktu sebelumnya.

“Kenaikan harga daging ayam sudah sejak dua hari lalu. Dari penyuplai sudah menaikkan harga. Saya tinggal mengikuti,” kata Menthi saat ditemui Solopos.com di los pedagang daging ayam, Selasa (26/4/2022).

Meski harga sudah mulai naik, Menthi penjualan daging ayam miliknya masih stabil. Dia masih bisa menjual 1-2 kuintal daging ayam per hari.

Baca Juga: Ramadan, Harga Sayur di Wonogiri Naik tapi Harga Telur Turun

“Daging ayam menjadi salah satu hidangan wajib saat Ramadan dan Lebaran [masih dibutuhkan warga kendati harga naik menjelang Lebaran],” katanya.

Penjual daging sapi di Pasar Kota Wonogiri, Endang, mengatakan daging sapi mulai juga merangkak naik, Selasa (26/4/2022). Harga daging sapi per kilogram naik dari Rp120.000/kg menjadi Rp130.000/kg. Kenaikan harga daging sapi masih dimungkinkan berlanjut hingga Lebaran.

Meski naik, penjualan daging sapi milik Endang justru meningkat. Hal itu ditandai dengan bertambahnya stok, dari 2 kuintal/hari menjadi 4 kuintal/hari.

Baca Juga: Polisi Sempat Datangi Pasar Wonogiri, Ada Apa?

“Iya, meningkat dua kali lipat. Tapi tetap habis terjual karena sudah ditarget,” kata Endang.

Penjual sembako di Pasar Kota Wonogiri, Iyem, mengatakan sebagian besar harga bahan kebutuhan pokok yang dia jual sudah mengalami kenaikan sejak sepekan lalu. Hal itu, seperti bawang merah yang semula Rp30.000/kg menjadi Rp40.000/kg. Bawang putih yang semula Rp28.000/kg menjadi Rp38.000/kg. Masing-masing naik Rp10.000.

Sedangkan beras hanya mengalami kenaikan Rp1.000, yakni dari Rp10.000/kg menjadi Rp11.000/kg. Telur ayam naik Rp3.000. Semula harga telur ayam senilai Rp23.000/kg. Saat ini, harganya senilai Rp26.000/kg.

Baca Juga: Berkah Ramadan, Segini Keuntungan Bakul Pasar di Wonogiri per Harinya

“Secara umum tidak ada penurunan penjualan meski harga sejumlah kebutuhan pokok naik. Pasokan barang juga relatif masih stabil,” kata Iyem.

Wajar

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan (Dinas KUKM Perindag) Wonogiri, Sunardi, mengatakan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok di pasaran masih dalam taraf wajar.

Distribusi juga dinilai masih tetap aman sepanjang sejarah suplai barang normal alias tidak ada hambatan.

Baca Juga: Alhamdulillah! Harga Cabai di Wonogiri Turun

“Mudah-mudahan pasokan kebutuhan bahan pokok tetap aman dan stabil. Mengingat tahun ini mudik sudah diperbolehkan dan Wonogiri sebagai daerah tujuan,”tuturnya saat dihubungi Solopos.com via aplikasi percakapan WhatsApp (WA), Selasa (26/4/2022) siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya