SOLOPOS.COM - Petugas mengecek pada bus saat kegiatan Ramp Check Kendaraan Bermotor Wajib Uji (KBWU) di Kantor Pusat PO Rosalia Indah Transportasi, Jl. Solo-Sragen, Gerdu, Ngringo, Jaten, Karanganyar, Rabu (13/12/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO –Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Solo dan Satlantas Polresta Solo memeriksa kelayakan dan keselamatan atau ramp check bus menjelang periode libur perayaan Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

Hal ini bagian dari inspeksi kelayakan angkutan penumpang sekaligus menekan tingkat kecelakaan di jalan raya. Tim gabungan mendatangi tiga perusahaan otobus (PO) yakni Rosalia Indah, Mulyo Indah, dan Mata Trans, Rabu (13/12/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pemeriksaan ramp check bus diawali dengan mendatangi PO Rosalia Indah. Petugas mengecek kelayakan jalan seperti roda, rem, lampu sein, lampu utama serta dokumen kelengkapan kendaraan seperti uji kir.

Dari dua unit bus yang dicek secara sampling, dinyatakan layak beroperasi untuk mengangkut penumpang saat libur perayaan Natal dan Tahun Baru. “Bus yang dinyatakan layak mengangkut penumpang ditempel stiker oleh petugas,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Solo, Henry Sagara, Rabu (13/12/2023).

Kemudian, tim gabungan bergeser ke garasi PO Mata Trans. Dari empat unit bus yang dilakukan ramp check dinyatakan layak beroperasi. Selama ini, PO Mata Trans tidak melayani trayek reguler melainkan carteran pariwisata.

Selanjutnya, tim gabungan bergeser ke garasi PO Mulyo Indah. Saat pemeriksaan, alat pemadam api ringan (APAR) di dalam bus habis masa berlakunya. “Dan langsung direspons oleh pimpinan perusahaan otobus Mulyo Indah untuk mengganti APAR di bus. Ini alat penting jika terjadi kebakaran di dalam bus,” ujar dia.

Menurut Henry, cek kelaikan kendaraan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan setiap bus memenuhi standard operational procedure (SOP) dalam mengangkut penumpang.

Ramp check harus dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang saat masa libur panjang seperti Lebaran atau Natal dan Tahun Baru. Mulai dari lampu, rem, alat kemudi, hingga kaca depan, kaca belakang,” ujar dia.

Penguatan inspeksi kelayakan angkutan Natal dan Tahun Baru diharapkan mampu menekan tingkat kecelakaan di jalan raya saat masa peak season atau puncak musim libur akhir tahun. Upaya serupa juga dilakukan saat menjelang libur Lebaran. Kelayakan angkutan penumpang saat Lebaran harus benar-benar dipastikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya