SOLOPOS.COM - Dekorator Asmoro Decoration memasang bunga untuk dekorasi ngunduh mantu Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Loji Gandrung, Solo, Sabtu (10/12/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Bunga anggrek bulan dan melati menghiasi dekorasi acara ngunduh mantu Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022). Dua jenis bunga itu merupakan favorit Ibu Negara Iriana Jokowi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Loji Gandrung, Sabtu (10/12/2022) siang, sejumlah pekerja dari Asmoro Decoration mulai memasang bunga warna putih dan daun-daun pada dekorasi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Asmoro Decoration mengusung tema Jawa Klasik Mataram Islam dengan ornamen mayoritas hitam dan emas. Bunga putih dan hijau daun menghiasi teras dan halaman Rumah Dinas Wali Kota Solo itu.

“Mayoritas anggrek bulan, keremenen [kesukaan] Ibu [Iriana Jokowi] itu dan melati. Jadi agak banyak melati dan buntal di teras,” kata Art Director Asmoro Decoration, Pandji Vasco Da Gama, saat ditemui Solopos.com di sela-sela aktivitas memasang dekorasi nikahan Kaesang, Sabtu.

Dia mengatakan Asmoro Decoration pernah memberikan layanan dekorasi kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, ketika menjamu Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan, belum lama ini.

Baca Juga: Tujuh Jenis Bunga akan Warnai Dekorasi Pernikahan Kaesang-Erina

Selain itu, Asmoro Decoration juga mendekorasi venue acara pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda serta Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Pandji mengatakan pernikahan anak Presiden Jokowi sebelumnya memakai bunga warna-warni namun untuk nikahan Kaesang dan Erina dengan warna putih. Salah satu alasan memakai bunga putih supaya ada variasi dari dekorasi pernikahan sebelumnya.

“Pengin variatif dengan trendi Jawa klasik,” ujarnya. Dia menjelaskan sejumlah bunga untuk dekorasi di Loji Gandrung, antara lain anggrek bulan, casablanca, mawar putih, lili, baby breath, sedap malam, dan ivy.

Baca Juga: Persiapan Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang, Dekorasi Loji Gandrung Dikebut Sabtu

Menurutnya, konsep dekorasi merupakan Jawa klasik dengan titik ornamen kontemporer Solo-Jogja. Bunga tidak diatur simetris namun dinamik asimetris supaya ada perbedaan dengan dekorasi dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaan.

Seperti diketahui, setelah melangsungkan akad nikah di Jogja, Sabtu (10/12/2022), pasangan pengantin baru, Kaesang dan Erina akan langsung menggelar acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022).

Sebelumnya acara didahului dengan upacara adat ngunduh mantu di Loji Gandrung dilanjut kirab naik kereta kuda melewati Jl Slamet Riyadi menuju Pura Mangkunegaran. Di Pura Mangkunegaran, Kaesang-Erina dan keluarga akan menyambut para tamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya