SOLOPOS.COM - Pembangunan halaman depan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Jebres, Solo, yang akan berubah nama menjadi Solo Safari, Jumat (6/1/2023) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO– Pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Safari dapat menonton komodo begitu melewati pintu masuk. Harga tiket Solo Safari bakal diumumkan pada pekan depan.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan progres pembangunan tahap satu hampir 100 persen. Gibran sudah mengecek langsung progres pembangunan Solo Safari di Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Senin (16/1/2023) pagi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Komodo paling depan, beli tiket, turun langsung komodo,” kata dia kepada wartawan.

Sebagai informasi, Komodo, binturong, dan zebra, menjadi bagian daya tarik rekreasi TSTJ atau Solo Safari yang dibuka 27 Januari 2023.

Wali Kota Solo mengatakan walabi koleksi TSTJ sudah masuk kandang pada progres terkini. Tambahan satwa dari Taman Safari Indonesia akan tiba di Solo Safari mulai 20 Januari 2023.

“Wis resik tinggal masukin aja [tinggal memasukkan koleksi hewan ke kandang yang selesai dibangun],” papar dia.

Dia mengatakan pembahasan mengenai rencana pembukaan Solo Safari bakal dibahas setelah pulang dari Jakarta. Harga tiket akan diumumkan pekan depan.

Sebelumnya, Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Widodo, mengatakan fase I bakal menawarkan kandang komodo, binturong, zebra. Ketiga jenis satwa belum ada sebelumnya. Kapasitas kandang komodo dua pasang.

Selain tiga jenis satwa baru, ada sejumlah jembatan baru, kandang primata terbuka di tengah pulau. Sebelum pembangunan Solo Safari ada tiga pulau, ada yang berfungsi, ada yang tidak. Revitalisasi kali ini membangun lima pulau yang berfungsi semua.

Menurut Bimo, total koleksi satwa Solo Safari ada sekitar 410 ekor. Ada tambahan koleksi dari Taman Safari Indonesia 80 sampai 90 satwa. Kira-kira separuhnya bisa dilihat pengunjung pada pembukaan perdana setelah pembangunan fase I.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya