SOLOPOS.COM - Sebanyak 46 pejabat eselon III dan IV Pemkab Sragen dimutasi pada Senin (4/3/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Baru sepekan berlalu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati kembali memutasi pejabat di lingkungan Pemkab Sragen, Senin (4/3/2024). Sebanyak 46 pejabat eselon III dan IV dimutasi Bupati menjelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen 2024 digelar.

Mutasi tersebut sampai membikin para pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sragen tidak tidur semalaman untuk menyiapkannya karena dilakukan mendadak. Para pejabat yang dimutasi tersebut terdiri atas 20 pejabat eselon III dan 26 pejabat eselon IV.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 2/2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Bupati masih dibolehkan memutasi pejabat daerah maksimal enam bulan sebelum tahapan penetapan calon Pilkada.

Bupati Yuni sudah berhitung batas akhir enam bulan sebelum tahapan penetapan calon dalam pilkada itu jatuh pada 22 Maret 2024. Pasalnya tahapan penetapan calon Pilkada itu dijadwalkan pada 22 September 2024. Meskipun melebihi 22 Maret 2024, Bupati optimistis masih bisa melakukan mutasi dengan syarat mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Baru Senin lalu pelantikan kok Senin ini pelantikan lagi? Bupati jadi hobinya pelantikan setiap Senin. Mutasi dan rotasi hingga promosi itu wajar. Tidak terkecuali di Sragen karena ada evaluasi membuat ritme kerja di Sragen lebih baik dan cepat serta sesuai aturan. Apa Senin depan ada pelantikan lagi, ya tunggu saja,” jelas Bupati dalam pidatonya sesuai mengambil sumpah dan janji 46 pejabat baru itu.

Dalam setiap mutasi dsering ada kejutan karena dilakukan secara mendadak oleh Bupati Yuni. Siapa nama-nama yang dimutasi pun dirahasikan sebelum pelantikan. Bahkan ada pegawai di BKPSDM Sragen sendiri sampai tidak tahu kalau dirinya dilantik. Begitu namanya dipanggil, ia pun terkejut.

Seperti Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Sragen, Y. David Supriyadi, yang merasa mendapat kejutan ketika namanya disebut untuk menjadi Camat Jenar. “Ya, kepada David selamat, senyumnya paling lebar. Tidak promosi tetapi hanya mutasi ternyata lebih suka menjadi camat. Yang lainnya juga selamat di tempat yang belum pernah ditempatinya,” ujar Yuni.

Kejutan juga dirasakan manajemen RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Wakil Direktur Umum RS pelat merah itu ternyata bukan seorang dokter, yakni Josafat Novianto yang sering disapa Yosi. Yosi merupakan ahli akuntansi.

Yuni menyebut penunjukkan Yosi menjadi Wadir Umum RSUD Sragen tidak menyalahi aturan. “Saya ingin RSUD dikelola secara profesional dan bisa berkembang karena Pemkab membutuhkan PAD [pendapatan asli daerah] yang besar dari RSUD. Saya minta Yosi bisa bekerja dan sinergi dengan direktur,” pintanya.

Yosi sebelumnya bekerja di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen di bawah komando Dwiyanto selaku kepala badan. Yuni meminta Dwiyanto berpikir dalam konteks yang lebih luas sehingga tidak keberatan bila ada pegawai BPKPD yang dialihtugaskan ke RSUD. Penataan pegawai itu sengaja dilakukan Bupati sebagai tour of duty dan untuk penyegaran.

“Seperti Fajar itu sudah terlalu tua di Diskominfo sehingga perlu ada penyegaran di Inspektorat. Ssaya titip Sragen dengan segala prestasi dan integritas yang terbangun. Tetap bekerja dengan baik. Target camat semakin berat. Terakhir terima kasih kepada BKPSDM atas kerjanya yang luar biasa menyiapkan pelantikan. Semalam bahas ini selesai 22.30 WIB dan saya minta hari ini pelantikan,” ujar Yuni.

Berikut Daftar Pejabat Eselon III di Sragen yang dimutasi

No       Nama                                        Jabatan Baru

1          Danik Martini                          Kabid Infrastruktur Teknologi Informasi dan Persandian Diskominfo Sragen

2          Edy Sudrajad                           Kabid Pengelolaan Persampahan DLH Sragen

3          Lukman Farid                         Kabid Perencanaan, Pengaduan, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Sragen

4          Ari Yulianto                             Kabid Akuntansi BPKPD Sragen

5          Tri Darsono                             Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan adan Kesbangpol Sragen

6          Setyana Tri Putra                   Kabag Sekretariat RSUD dr. Soeratno Gemolong, Sragen

7          Supri Hariyanto                      Sekretaris Kecamatan Kalijambe, Sragen

8          Rohmat Dwi Basuki               Sekretaris Kecamatan Plupuh, Sragen

9          Yoga Sumantri                        Sekretaris Kecamatan Masaran, Sragen

10        Dion Henry Wibowo             Sekretaris Kecamatan Gesi, Sragen

11        Josafat Novianto                    Wakil Direktur Umum RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen

12        dr. Haris Almacca                 Wakil Direktur Pelayanan dan Mutu RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen



13        dr. Efin Miradiningrum       Sekretaris Dinas Kesehatan Sragen

14        Dhian Setyo Handayani       Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Sragen

15        Ariska Taminawati                Sekretaris DPMPTSP Sragen

16        Fajar Adhi Nugroho              Inspektur Pembantu III Inspektorat Sragen

17        Muhammad Purwaka AN    Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sragen

18        Yulius David Supriyadi        Camat Jenar

19        Dani Wahyu Setiawan          Camat Karangmalang

Sumber: BKPSMD Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya