SOLOPOS.COM - Pedagang aneka bahan pangan di Pasar Wonogiri, Tini, menunjukkan cabai rawit yang ia jual di los pedagang lantai I Pasar Wonogiri, Rabu (1/3/2023). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Harga jual cabai rawit merah atau sret di Wonogiri naik 9% menjadi Rp60.000/kg pada awal Maret 2023. Kenaikan harga dinilai dipengaruhi cuaca hujan yang terus mengguyur.

Pedagang aneka bahan pangan di Pasar Wonogiri, Tini, mengatakan harga jual cabai cabai rawit merah mulai naik sepakan terakhir dari Rp55.000/kg menjadi Rp60.000/kg. Tini menilai kenaikan harga itu masih dalam taraf wajar. Terlebih kenaikan itu sudah diperkirakan beberapa waktu lalu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kalau musim rendheng begini memang biasanya naik. Tapi ini naiknya enggak begitu tinggi. Pelanggannya juga memahami,” kata Tini saat ditemui Solopos.com di los pedagang lantai I Pasar Wonogiri, Rabu (1/3/2023).

Berdasarkan keterangan dari penyuplai cabai langgannya, saat musim penghujan seperti ini banyak tanaman cabai yang rusak. Kualitas cabai juga tidak sebaik pada saat kemarau. Pada sisi lain, naik turunnya harga cabai juga dipengaruhi permintaan cabai dari pabrik-pabrik saus sambal.

“Kalau ada permintaan dalam jumlah banyak dari pabrik saus begitu, pasti harganya naik. Tapi kalau enggak ada, harganya jadi turun. Katanya begitu. Saya pedagang pasar hanya ikut,” kata pedagang yang mengambil cabai rawit dari Tawangmangu itu.

Pedagang aneka bahan pangan lainnya di los pedagang lantai II Pasar Wonogiri, Sukatmi, mengungkapkan hal senada. Akhir-akhir ini harga cabai rawit fluktatif. Beberapa pekan lalu harga cabai yang kerap dijadikan bahan sambal itu sudah mencapai Rp60.000/kg kemudian turun sekitar Rp50.000/kg.

“Ini naik lagi. Sudah biasa, kalau cabai rawit memang begitu. Sering berubah-ubah, tapi kalau ini berubahnya enggak terlalu banyak,” ujar dia.

Sukatmi memprediksi harga cabai rawit bakal tambah naik menjelang Ramadan pada pertengahan Maret 2023 ini. Bahkan, menurutnya bisa saja harga cabai rawit naik sampai 50%-100% saat Lebaran.

Berdasarkan data sektoral informasi harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat dan komoditas strategis Kabupaten Wonogiri di https://datasektoral.wonogirikab.go.id/sambang/bahan_pokok harga cabai pada 28 Februari 2023 masih Rp57.000/kg. Pada awal Februari 2023 harga cabai sret tercatat Rp55.000/kg.

Sementara itu, harga cabai jenis lain per 28 Februari 2023 malah turun. Harga cabai rawit hijau yang semula senilai Rp35.000/kg menjadi Rp30.000/kg. Harga cabai merah keriting dari Rp40.000/kg turun 12,5% menjadi Rp35.000/kg. Sedangkan harga cabai besar teropong stabil, yaitu Rp35.000/kg.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya