SOLOPOS.COM - Kondisi lahan parkir Benteng Vastenburg, Solo, Minggu (3/4/2022). Rencananya lahan tersebut akan digunakan untuk menampung sekitar 200 pelaku usaha dalam Pasar Takjil UMKM Semarak Ramadan, 5-28 April 2022. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Lokasi pasar takjil sebagai bagian dari Semarak Ramadan 2022 Kota Solo akhirnya ditetapkan di area parkir pelataran Benteng Vastenburg. Pasar takjil tersebut berlangsung pada 5-28 April 2022.

Sebanyak 200 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner bakal ditampung di pasar takjil tersebut. Saat ini panitia Semarak Ramadan 2022 dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo tengah membuka pendaftaran bagi pelaku UMKM yang berminat ikut meramaikan pasar takjil tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan pantauan Solopos.com, lokasi yang akan dipakai untuk pasar takjil tersebut terlihat lapang dan luas. Selain itu ada banyak pohon peneduh yang akan membuat para pedagang dan pengunjunng merasa nyaman, tidak akan terlalu kepanasan.

Baca Juga: Pasar Takjil Semarak Ramadan Solo Tampung 200 UMKM, Gini Cara Daftarnya

Beberapa kendaraan tampak terparkir di lokasi itu namun mayoritas lahan kosong dan bersih. Berdasarkan gambar denah yang dibagikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melalui grup Whatsapp wartawan Solo, Jumat (1/4/2022) malam, ukuran lahan yang dipakai untuk pasar takjil cukup luas.

pasar takjil solo
Kondisi lahan parkir Benteng Vastenburg, Solo, Minggu (3/4/2022). Rencananya lahan tersebut akan digunakan untuk menampung sekitar 200 pelaku usaha dalam Pasar Takjil UMKM Semarak Ramadan, 5-28 April 2022. (Solopos/Nicolous Irawan)

Panjang sisi timur dari utara ke selatan mencapai 79 meter, kemudian di sisi utara dari barat ke timur panjangnya 56 meter. Lahan itu hanya terisi pada pos polisi Gladak dengan ukuran 45 meter x 22 meter.

Pemkot Solo menetapkan sejumlah syarat dan ketentuan bagi UMKM yang ingin berpartisipasi pada pasar takjil tersebut. Peserta hanya berjualan makanan siap saji/takjil, dilarang membawa kompor, tabung gas, dan tenda.

Baca Juga: Siap-Siap! Akan Ada Pasar Takjil Unik di Sasana Kridha Mangkubumen Solo

Cara Mendaftar

Fasilitas yang disediakan Pemkot hanya lahan untuk berjualan. Sedangkan sarana atau peralatan berjualan pedagang mesti membawa sendiri.

Pelaku UMKM yang berminal bisa mendaftar melalui tautan bit.ly/SemarakRamadhanPasarTakjilUMKM2022. Syarat pendaftaran cukup mengunggah foto KTP sebagai warga Solo dan mengunggah foto produk melalui tautan pendaftaran.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, saat peluncuran Semarak Kampung Ramadan 2022, Sabtu (2/4/2022), mempersilakan warga Solo yang ingin ngabuburit di area Semarak Kampung Ramadan termasuk Pasar Takjil UMKM di Area Parkir Benteng Vastenburg.

Baca Juga: Disdag Solo Usulkan Beberapa Lokasi Pasar Takjil, Termasuk Manahan?

Berbagai macam takjil tersedia di situ. Pasar Takjil UMKM di Area Parkir Benteng Vastenburg juga akan berlangsung hingga 9 Mei 2022.

Untuk waktu pelaksanaan pasar takjil itu mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. “Silakan warga yang mau ngabuburit di Semarak Kampung Ramadan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya