SOLOPOS.COM - Papan pemberitahuan penutupan jalan terpasang di dekat pintu air Demangan lama, Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (24/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jalan area jembatan Pintu Air Demangan lama di wilayah Kelurahan Sewu, Jebres, Solo, ditutup mulai Senin (23/5/2022). Informasi penutupan itu tertulis pada papan pengumuman yang dipasang dekat jembatan tersebut.

Pantauan Solopos.com, Selasa (24/5/2022), papan berisi pengumuman penutupan jalan itu mencantumkan logo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bagian kiri bawah. Di papan itu tertulis penutupan jalan itu untuk pekerjaan proyek yang akan dimulai pada 23 Mei 2022 sampai selesai.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tidak dijelaskan proyek apa yang akan dikerjakan. Warga sekitar yang ditemui Solopos.com juga mengaku tidak tahu menahu mengenai penutupan jalan maupun proyek dimaksud. Warga hanya tahu papan itu dipasang pada Minggu (22/5/2022).

Diduga karena kurangnya sosialisasi mengenai penutupan itu, kendaraan masih lalu lalang di jalan area jembatan Pintu Air Demangan Solo. Tidak ada aktivitas penutupan jembatan atau jalan menuju Pintu Air.

Sumiyem, warga yang tinggal di dekat Jembatan Pintu Air Demangan Lama, mengaku tidak mengetahui kapan jalan akan ditutup. Menurutnya, papan pengumuman tersebut dipasang pada Minggu (22/5/2022) sore, tetapi belum ada sosialisasi terkait penutupan jalan menuju jembatan.

Baca Juga: Cantik Lur! Begini Penampakan Desain Lansekap Pintu Air Demangan Solo

“Belum ada informasi untuk penutupannya, papannya juga baru dipasang hari Minggu [22/5/2022] kemarin, sejauh ini tidak ada sosialisasi terkait jalan kapan ditutup atau akan diarahkan ke mana untuk jalur putarnya,” ujarnya.

Ia menyebut tidak ada sosialisasi kepada warga sekitar mengenai proyek yang akan dikerjakan. Sumiyem pun hanya bisa berspekulasi mengenai jalur alternatif untuk para pengguna sepeda motor.

Akses Kendaraan

“Tidak ada sosialisasi, jadi kami tidak tahu akan ada proyek apa di sini. Jalur ini biasanya dilalui pengguna jalan dari arah Sragen biar dekat. Kalau sini ditutup, mungkin akan dialihkan ke Pasar Gede,” ujarnya.

Baca Juga: Keren! Ada Taman di Pintu Air Demangan Solo yang Baru, Ini Wujudnya

Lurah Gendekan, Solo, Sugeng Sarwono juga mengaku tidak tahu soal penutupan jembatan ataupun proyek yang akan dikerjakan di Pintu Air Demangan lama itu.

“Sebenarnya untuk proyeknya kami belum ada pengarahan, sehingga untuk informasi jalan ditutup dan bagaimana lewatnya atau akses pengguna jalan, kami juga tidak tahu,” tambahnya.

Sedangkan Lurah Sewu Iwan Muryanto menyebu tproyek yang dikerjakan pembenahan parapet atau sandaran di sisi kanan dan kiri jembatan. “Itu proyek masang parapet di kanan dan kiri jembatan. Nantinya akses untuk kendaraan berat akan lewat Kelurahan Sewu,” ujarnya.

Baca Juga: Proyek Pintu Air Demangan Solo Tahap II Dapat Anggaran Rp71 Miliar, Untuk Apa Saja?

Mengenai proyek tersebut, Kelurahan Sewu sempat melakukan sosialisasi bersama tim dari dengan Kementerian PUPR. Tetapi kelurahan belum mengetahui kapan dan berapa lama proyek akan berjalan.

“Sudah sempat sosialisasi dengan warga yang dekat dengan jembatan Demangan di Kelurahan Sewu, tetapi untuk jangka waktu dan mulainya kapan kami belum tahu karena itu wewenang Kementrian PU Balai Sungai pusat,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya