SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Pengendara motor melintasi jembatan gantung sepanjang 100 meter yang menghubungkan desa Dompol dan Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Klaten, Selasa (1/10/2013). (Dok/JIBI/Solopos)

Pengendara motor melintasi jembatan gantung sepanjang 100 meter yang menghubungkan desa Dompol dan Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Klaten, Selasa (1/10/2013). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Jembatan gantung sepanjang 100 meter (m) di Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, Klaten yang kondisinya memprihatinkan akhirnya mendapatkan respons positif dari pemerintah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pasalnya, jembatan yang menghubungkan Desa Dompol dan Kendalsari tersebut memiliki peluang untuk segera diperbaiki pada 2014. Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Slamet Widodo, memaparkan pihaknya telah mengirimkan pengajuan proposal bantuan perbaikan jembatan kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Proposal kami ajukan sekitar dua pekan lalu. Jika lolos, pada 2014 jembatan tersebut akan diperbaiki,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Senin (9/12/2013).

Berdasarkan informasi yang dia terima, bantuan perbaikan jembatan tersebut berasal dari International Labour Organization atau Organisasi Buruh Internasional (ILO) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurutnya, jembatan tersebut merupakan akses vital warga, baik dari Dompol menuju Kendalsari maupun sebaliknya, sehingga harus segera diperbaiki.

Rp5 Miliar

Sementara, Camat Kemalang, Bambang Haryoko, mengungkapkan jembatan tersebut perlu diganti total. Sebab, sejak 1980-an, jembatan gantung yang dibangun TNI masuk desa itu belum pernah satu kali pun direhab. Pihaknya juga membenarkan bahwa selama ini ada program perbaikan jembatan dari ILO PBB yang disalurkan melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Pemerintah Desa dan Kecamatan juga sudah beberapa kali rapat dengan Disosnakertrans Klaten mengenai masalah jembatan tersebut,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika jembatan diperbaiki total, dana yang diperlukan bisa lebih dari Rp5 miliar. Pihaknya ingin jembatan segera diperbaiki karena kondisinya memang sudah tidak layak.

Seperti diberitakan sebelumnya, jembatan dengan lebar 1,5 m itu kondisinya sudah tidak layak. Aspal yang digunakan sebagai pelapis lantai yang terbuat dari kayu jenis Meranti sudah banyak yang mengelupas. Bahkan, tidak sedikit lantai dari kayu yang hilang lantaran sudah lapuk dimakan usia.

Selama ini, warga selalu melakukan penambalan secara swadaya dengan menambal kayu yang sudah hilang atau rusak dengan batang kayu yang baru. Pasalnya, jika tidak dilakukan perbaikan bisa membahayakan keselamatan warga sebagai pengguna jembatan gantung. Apalagi, jembatan gantung itu berdiri di atas jurang sedalam 100 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya