SOLOPOS.COM - TERANCAM PUTUS--Jembatan Soka yang berada di Dukuh Soka, Desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, terancam putus. Pilar penyangga jembatan sudah retak serta ujung jembatan itu juga sudah rapuh. Foto diambil, Minggu (10/6/2012). ( Farid Syafrodhi/JIBI/SOLOPOS)


TERANCAM PUTUS--Jembatan Soka yang berada di Dukuh Soka, Desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, terancam putus. Pilar penyangga jembatan sudah retak serta ujung jembatan itu juga sudah rapuh. Foto diambil, Minggu (10/6/2012). ( Farid Syafrodhi/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Jembatan Soka yang berada di Dukuh Soka, Desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, terancam putus. Kondisi tiang penyangga dan ujung jembatan itu sudah retak. Jembatan itu rusak katena tergerus arus Sungai Dengkeng.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantauan Solopos.com, Minggu (10/6/2012), sisi ujung jembatan bagian barat sudah hancur dan menggantung, sebab tanah yang menjadi penahannya tergerus air sungai. Hal itu juga terjadi pada ujung jembatan sebelah timur. Tanggul di beberapa sisi jembatan itu juga tergerus air sehingga beberapa sisi ujung jembatan terlihat menggantung. Warga setempat menempatkan beberapa kayu sebagai penanda agar warga yang melintas di jembatan itu untuk berhati-hati.

Kadus 1 Kragilan, Sawiji, mengatakan jembatan tersebut merupakan jalur penghubung antara Klaten dengan Gunungkidul. Bila jembatan itu putus, warga yang tinggal di antara kedua kabupaten itu tidak bisa keluar.

Ia menilai proyek normalisasi sungai tersebut justru menjadi biang kerusakan. Normalisasi, kata dia, dilakukan dengan cara pengerukan tanah material sungai, lalu tanah tersebut ditaruh di pinggir-pinggir tanggul. “Karena tidak dibuang di tempat yang jauh, maka saat hujan tanah itu terbawa arus,” ujar Sawiji.

Ia menambahkan, warga sebetulnya sudah mencegah agar gerusan tanah di tanggul tidak melebar, dengan cara memasang batu dan bronjong kawat di sepanjang pinggir tanggul. Namun perbaikan itu tidak permanen. Pihaknya berharap agar jembatan itu segera diperbaiki.

Kepala Desa Kragilan, Samiyo, mengatakan setiap kali Sungai Dengkeng banjir, jembatan itu rusaknya semakin parah. Jika tidak segera diperbaiki, maka bisa mengganggu akses ekonomi bagi masyarakat. Pihak desa, kata dia, sudah mengajukan proposal perbaikan jembatan kepada Pemkab Klaten. Namun hingga kini belum ada tanggapan. “Padahal jembatan itu sudah rusak sekitar setahun yang lalu,” ujar Samiyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya