SOLOPOS.COM - Kendaraan berbalik arah di jalan tembus Tawangmangu, Karanganyar, menuju Sarangan, Jawa Timur, yang ditutup karena ada longsor, Minggu (6/2/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Longsor yang terjadi pada Minggu (6/2/2022) malam sempat mengakibatkan jalan tembus Tawangmangu, Karanganyar menuju Sarangan, Magetan, terputus. Material longsoran menutup jalan setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Pada Senin (7/2/2022) jalur ini sudah kembali dibuka Satlantas Polres Karanganyar. Meski sudah kembali normal, pengendara kendaraan diminta waspada saat melewati jalan ini. Terlebih saat hujan deras mengguyur.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Hati-hati saat melintas di jalan itu [jalan tembus Tawangmangu-Sarangan]. Kalau hujan deras kami imbau untuk berhenti dulu di tempat aman. Keselamatan yang utama,” katanya Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko mewakili Kapolres AKBP Danang Kuswoyo, Senin.

Baca Juga: Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Kembali Dibuka, Tetap Hati-hati Lur!

Imbauan ini penting diingat para pengguna jalan. Pasalnya, jalan Tawangmangu-Sarangan dikelilingi tebing yang rawan longsor. Longsoran kerap terjadi terutama saat memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi. Material longsoran berupa tanah dan bebatuan juga sering menutup badan jalan sehingga menutup akses di jalur itu.

Setelah material longsor disingkirkan, jalan Tawangmangu-Sarangan sudah bisa dilakukan dari dua arah sekitar pukul 09.00 WIB. “Akses Tawangmangu-Sarangan melalui jalan baru ditutup sejak pukul 18.00 sampai tadi pagi. Dan sekarang sudah kita buka,” lanjut Kasatlantas

Sebagaimana diberitakan sebelumnya jalan tembus dari Tawangmangu, Karanganyar, menuju  Sarangan, Jawa Timur, ditutup total lantaran terjadi longsor di beberapa lokasi pada Minggu (6/2/2022) malam.

Baca Juga: Talut Jembatan Penghubung Jatiyoso-Tawangmangu Karanganyar Longsor

Longsoran berupa bebatuan besar menutup sebagian badan jalan. Kendaraan dari arah Sarangan menuju Tawangmangu maupun sebaliknya harus putar balik. Sukarelawan Lintas Tawangmangu Sutrisno mengatakan longsor terjadi di beberapa lokasi jalan tembus Tawangmangu-Sarangan.

Salah satunya longsor terjadi di selatan Gondosuli. “Jalan tembus ditutup dan kendaraan dialihkan ke jalan lama,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (6/2/2022) malam.

Ia mengatakan bencana tanah longsor jalan tembus itu terjadi setelah wilayah Tawangmangu, Karanganyar, diguyur hujan deras sejak Minggu siang. Tebing jalan tembus dengan material bebatuan longsor hingga memakan badan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya