SOLOPOS.COM - Masjid Sheikh Zayed Solo siap menampung hampir 17.000 orang jemaah yang akan melaksanakan Salat Id. (Solopos.com/Dok)

Solopos.com, SOLO– Masjid Sheikh Zayed Solo siap menggelar Salat Idulfitri 2023 bersama Presiden Jokowi di Gilingan, Solo, akhir pekan ini. Kapasitas jemaah 15.000 sampai 17.000 orang.

“Kepastian belum ada [Presiden Jokowi mengikuti Salat Id di Masjid Sheikh Zayed]. Tapi kita siap jika Beliau  salat di masjid,” kata Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Munajat kepada Solopos.com, Rabu (19/4/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dia mengatakan Salat Id Masjid Sheikh Zayed Solo akan mengikuti ketetapan dari pemerintah. Pelaksanaan Salat Id akan dimulai pukul 06.30 WIB. 

Adapun KH Maksum Ahmad Kamal dan Tsabbit Maula Ahmad akan bertugas bilal dan takbiran. KH Agus Ma’arif bertugas menjadi imam. Sementara guru mengaji Presiden Jokowi KH Abdil Karim Al-Hafids bertugas menjadi khatib.

“Kapasitas dalam 10.000 jemaah dan luar 5.000 hingga 7.000 jemaah,” paparnya.

Munajat mengimbau jemaah yang bakal mengikuti Salat Id supaya datang lebih awal. Jemaah juga diwajibkan menjaga ketertiban dan keamanan.

“Kami imbau kepada para jamaah untuk membawa perlengkapan alat salat sendiri. Jika membawa koran atau alas lainnya, kami berharap supaya jamaah membawa kembali koran atau alasnya tersebut setelah selesai salat demi kenyamanan bersama,” papar dia.

Munajat mengatakan momentum Idulfitri adalah saat yang tepat untuk memperkuat dan mempererat tali silaturahmi. Selain itu, momentum Idulfitri adalah waktu yang tepat untuk saling meminta dan memberi maaf kepada siapa saja. 

Menurut dia, Masjid Sheikh Zayed berkomitmen untuk turut menciptakan suasana Kota Solo yang rukun dan damai. Momen Idulfitri menjadi inspirasi penting untuk menjalankan hidup rukun dan damai.

Upaya itu bisa  dimulai dari individu, keluarga, dan meluas ke masyarakat. Kerukunan ini menjadi pondasi penting untuk bersama-sama membangun Indonesia. 

“Kami menyambut seluruh umat Islam di Solo dan sekitarnya yang berkenan melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Sheikh Zayed Solo. Kami ucapkan selamat datang, semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Allah dan menjadi keberkahan bagi kita semua,” ujar dia.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Presiden Jokowi hadir di Kota Solo pada Kamis (20/4/2023) sampai Sabtu (22/4/2023) pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya