SOLOPOS.COM - Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, sudah ditutup untuk acara Haul Habib Ali, Senin (14/11/2022) pukul 13.00 WIB. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akhirnya menutup Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, untuk acara Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi pada Senin (14/11/2022) pukul 13.00 WIB.

Penutupan tersebut mundur dari rencana semula pukul 08.00 WIB. Rencananya jalan di depan Masjid ar Riyadh itu akan ditutup selama kurang lebih tiga hari hingga Rabu (16/11/2022) pukul 16.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mundurnya jadwal penutupan Jl Kapten Mulyadi itu karena bersamaan dengan peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, yang dilanjutkan kunjungan dari Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, ke kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Sumber.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dishub Kota Solo, Mudo Prayitno, kepada Solopos.com, Senin, membenarkan penutupan Jl Kapten Mulyadi yang semula dijadwalkan pukul 08.00 WIB mundur jadi pukul 13.00 WIB.

“Untuk penutupan sudah dilakukan pukul 13.00 WIB. Jadwalnya mundur karena acaranya bersamaan dengan peresmian Masjid Sheikh Zayed,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Haul Habib Ali Solo: Penutupan Jl Kapten Mulyadi Mundur, Pedagang Tumpah Ruah

Mudo menjelaskan Jl Kapten Mulyadi akan kembali dibuka pada hari Rabu (16/11/2022) pukul 16.00 WIB atau setelah acara haul rampung. “Kami mengarahkan pengendara melewati jalan alternatif yang sudah disiapkan dalam Manajemen Rekayasa Lalu Lintas,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Senin (14/11/2022), para pedagang sudah tumpah ruah di pinggir Jl Kapten Mulyadi Solo atau di sekitar lokasi Hail Habib Ali. Mereka sudah mulai menyiapkan dagangannya sejak pagi hari di sekitar Masjid Ar Riyadh.

Sedangkan para jemaah lebih banyak memadati area makam dari Habib Alwi bin Ali Al-Habsyi, yang berada di sebelah selatan Masjid Ar Riyadh. Para jemaah secara bergantian berdoa dan berselawat di depan makam.

Baca Juga: Tak Mau Kehilangan Tempat, Jemaah Haul Habib Ali Solo Rela Tidur di Jalan

Acara peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, menjadi salah satu agenda yang ditunggu-tunggu setiap tahun di Kota Solo. Jemaah dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Yaman diperkirakan juga hadir mengikuti acara pada 12-16 November.

Rangkaian kegiatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi diawali dengan acara rauhah atau mengaji dan membaca Alquran pada 12-14 November. Kemudian, acara peringatan haul dilaksanakan pada 15 November pukul 09.00 WIB-12.00 WIB. Keesokan harinya, rangkaian peringatan haul dilanjutkan dengan acara maulud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya