SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di ruas Jalan Pemuda, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kamis (3/2/2022). Arus lalu lintas pada ruas Jalan Pemuda antara simpang empat Bareng hingga simpang tiga Tugu Adipura diberlakukan selama 24 jam. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENKlaten Lurik Carnival (KLC) bakal digelar di sepanjang Jl Pemuda, Klaten, Minggu (30/7/2023) mulai pukul 14.00 WIB. Jl Veteran-Jl Pemuda dari Simpang Tiga Ngingas, Kecamatan Klaten Utara, hingga simpang tiga Tugu Adipura dekat Pemkab Klaten ditutup untuk lalu lintas selama karnaval berlangsung.

Kasi Pengendalian Operasional Bidang Lalu Lintas Dishub Klaten, Nunung Wahyu Dwiningsih, menjelaskan pengalihan arus lalu lintas selama KLC hampir sama dengan pengalihan arus lalu lintas saat car free night (CFN). Namun, pada pengalihan selama KLC ini, arus lalu lintas mulai dialihkan dari Simpang Tiga Ngingas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Arus lalu lintas dari arah Solo ke Jogja dialihkan melalui by pass [mulai dari simpang tiga Masjid Agung Al Aqsha]. Kalau nanti by pass crowded, kendaraan roda empat kecil bisa melewati sampai Simpang Tiga Ngingas,” kata Nunung saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Dari Simpang Tiga Ngingas, kendaraan kecil dari arah Solo menuju Jogja bisa melewati Jl Kopral Sayom kemudian menyambung ke Jl Bhayangkara dan sampai di ruas jalan depan Pemkab Klaten. Nunung menjelaskan pengalihan arus lalu lintas selama Klaten Lurik Carnival itu bersifat situasional.

Sementara itu, arus kendaraan dari arah Jogja menuju ke Solo bisa melewati ruas jalan by pass atau melewati ruas Jl Merbabu menyambung ke Jl Mayor Kusmanto hingga tiba di ruas jalan raya Solo-Jogja di samping SPBU Jonggrangan.

Penutupan ruas Jl Veteran-Jl Pemuda dari simpang tiga Ngingas sampai depan rumah dinas Bupati Klaten mulai sekitar 12.00 WIB. Penutupan itu dilakukan hingga rangkaian KLC rampung. “Direncanakan acara KLC maksimal selesai pukul 17.00 WIB,” kata dia.

Diikuti 18 Kelompok

Klaten Lurik Carnival (KLC) bakal digelar pada Minggu (30/7/2023) siang. Rangkaian kegiatan itu bakal diikuti sebanyak 18 kelompok. KLC dijadwalkan digelar pada Minggu mulai pukul 14.00 WIB di sepanjang Jl Pemuda dari Bank Klaten hingga di dekat Rumah Dinas Bupati Klaten.

Rangkaian kegiatan yang digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten itu kembali digelar setelah tiga tahun ditiadakan karena ada pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, sebanyak 18 kelompok yang mengikuti KLC berasal dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bersinar.

“Biar perusahaan di Klaten bisa ikut handarbeni dalam rangka memperingati Hari Jadi Klaten,” jelas Nugroho saat ditemui di Alun-alun Klaten, Jumat (28/7/2023).

Nugroho menjelaskan masing-masing kelompok minimal berisi 10 orang. Tema yang diusung pada KLC tahun ini yakni The Beauty of Lurik Klaten. Ada pembeda pada pelaksanaan KLC tahun ini dibandingkan KLC sebelumnya.

Para desainer bakal menampilkan desain baju pengantin dari kain lurik. Tujuannya, agar ada keberlanjutan dari event tersebut dan tak sekadar karnaval. Harapannya, dari kegiatan itu bisa mendongkrak UMKM yang bergerak di produksi kain lurik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya