SOLOPOS.COM - Layanan JobStreet Express hadir di salah satu booth di Yogyakarta. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Dokumentasi JobStreet Express)

Solopos.com, SOLO– JobStreet Express membangun jejaring di berbagai kota besar di Indonesia sejak Oktober 2022. Platform penyedia informasi lowongan pekerjaan itu berkontribusi menjadi salah satu mitra pemerintah menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di sejumlah daerah.

Salah satu pengguna layanan JobStreet Express, Corporate Head of Human Capital Heha Group, Hari, menjelaskan telah menggunakan sejumlah platform untuk merekrut karyawan, antara lain media sosial berbayar, grup Facebook, dan platform penyedia informasi lowongan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“JobStreet Express sangat membantu perusahaan kami dalam mencari talents. Kami buka lowongan, kandidat yang masuk banyak sekali sehingga bisa cari yang terbaik,” kata dia melalui keterangan video yang diterima Solopos.com, Sabtu (25/11/2023).

Hari mengatakan telah membandingkan sejumlah platform penyedia informasi lowongan. JobStreet Express diklaim mudah bagi penggunanya, menyediakan banyak resources, dan jumlah kandidat yang melamar paling banyak.

Corporate Head of Human Capital Heha Group tersebut sudah bekerja selama enam sampai tujuh tahun terakhir. Pekerjaannya itu tak lepas dari konflik kepentingan antara perusahaan dan karyawan namun ada hal positif dari pengalamannya.

“Sukanya bisa men-development talent atau karyawan sehingga talent tersebut bisa menjadi key person di sebuah perusahaan,” kata dia.

Hari pernah mempekerjakan seorang karyawan lulusan SMK menjadi staf cleaning service. Karyawan tersebut memiliki attitude dan potensi yang baik kemudian didorong untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Alhamdulilah yang bersangkutan mau mengikuti saran saya. Sampai sekarang progresnya baik dalam kehidupan maupun karirnya,” ujar dia yang berkantor di Yogyakarta.

Penelusuran Solopos.com, Senin (27/11/2023) layanan JobStreet Express tidak hanya menjangkau wilayah Yogyakarta. Sejumlah perusahaan menawarkan lowongan pekerjaan melalui JobStreet Express di Kota Solo

Sejumlah lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi di Kota Solo selama lima hari terakhir, antara lain finance officer, staf produksi masak, magang administrasi, social media officer, bagian produksi, dan content creator.

Adapun TPT Provinsi Yogyakarta menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Yogyakarta turun dari 4,28% pada Februari 2021, 3,73% pada Februari 2022, dan menjadi 3,58% Februari 2023.

Di Solo, TPT menurut BPS Jateng 7,85% pada 2021; 5,83% pada 2022; dan menjadi 4,58% 2023. Perubahan Agustus 2021 sampai Agustus 2023 – 3,27% poin.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Solo Widyastuti Pratiwiningsih mengatakan sejumlah upaya yang dilakukan Pemkot Solo untuk menekan tingkat pengangguran, antara lain program pelatihan dan magang.

“Dengan maju dan pesatnya sektor UMKM dapat mengurangi tingkat pengangguran di Kota Solo. Home base wisauraha baru menjadi tren, gak bisa dipungkiri menurunkan pengangguran,” kata dia.

Selain itu, kata dia dia, kondisi perekonomian yang berangsur membaik setelah pandemi Covid-19 meskipun belum pulih 100 persen membuat sektor kerja kembali bergeliat. Pelaksanaan job fair/bursa kerja dan job canvassing oleh Pemkot Solo turut membantu.

Menurut dia,  Dinas Tenaga Kerja Kota Solo berkolaborasi dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (Dudika). Sejumlah penyedia lowongan kerja bekerja sama dengan Pemkot Solo sehingga Dinas Tenaga Kerja Kota Solo dapat menyampaikan informasi lowongan terbaru kepada masyarakat.

Upaya itu dilakukan dengan misalkan melalui akun Instagram Dinas Tenaga Kerja Kota Solo. Platform penyedia informasi lowongan pekerjaan juga membantu pencari kerja maupun perusahaan penyedia kerja di Kota Solo, antara lain JobStreet Express.

Head of JobStreet Express, Woon Hann Khoo, menjelaskan JobStreet Express yang terus membangun jaringan kemitraan di sejumlah daerah dengan optimalisasi platform yang ramah bagi rekrutmen maupun pencari kerja.

Hal ini merupakan langkah nyata dalam membantu program pemerintah daerah guna menurunkan jumlah pengangguran usia produktif sekaligus menjadi misi utama JobStreet Express sebagai solusi yang tepat dalam memperluas kesempatan kerja. Ada sebanyak 2.500 lowongan di Yogyakarta per November 2023 pada JobStreet Express.

“Tujuan kami untuk terus memperluas jejaring ke berbagai lokasi adalah untuk mendukung misi besar JobStreet Express, sekaligus menjadi partner rekrutmen yang terpercaya dan paling diandalkan dalam bidang semi-terampil di Indonesia. Di sisi lain, kami juga ingin berkontribusi untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka yang masih cukup tinggi di tanah air,” kata Woon.

Selain itu, kata dia, JobStreet Express berupaya untuk menjadi partner pencari kerja yang dapat diandalkan bagi berbagai kalangan. Beragam daftar lowongan kerja dari berbagai perusahaan terpercaya mudah diakses melalui website id.jobstreetexpress.com dan aplikasi JobStreet Express yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store.

Menurut dia, lowongan yang tersedia bervariasi tipenya mulai dari full-time, part time, dan daily worker. JobStreet Express telah memiliki lebih dari 13.000 iklan lowongan kerja semi-terampil yang aktif dalam platform-nya.

Dengan proses rekrutmen mudah yang ditawarkan oleh JobStreet Express, para pencari kerja dapat melamar berbagai lowongan hanya di satu portal secara cepat, aman, dan gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya