SOLOPOS.COM - Salah satu sapi yang dibeli Presiden Jokowi dari Jati Kembar Farm yang terletak di Desa Toyogo, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Rabu (28/6/2023). (Istimewa/Jati Kembar Farm Sragen).

Solopos.com, SRAGEN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membeli tiga ekor sapi untuk kurban pada Iduladha 2023 dari Peternakan Jati Kembar Farm yang terletak di wilayah Desa Toyogo, Kecamatan Sambungmacan, Sragen.

Tiga ekor sapi kurban milik Presiden itu dikirim ke tiga tempat. Satu ekor dikirim ke Solo, kemudian satu ekor ke Sine Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, dan satu ekor dikirim ke Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Penjelasan itu diungkapkan Pemilik Peternakan Jati Kembar Farm Toyogo, Sambungmacan, Sragen, Agus Eka, kepada Solopos.com, Kamis (29/6/2023).

Dia menyampaikan hingga hari H Iduladha, jumlah sapi kurban yang terjual mencapai 60 ekor, tiga ekor di antaranya dibeli Presiden Jokowi. Dia menerangkan ketiga ekor sapi itu berjenis simental semua. Dia menerangkan sapi pertama berboot 655 kg dikirim ke Solo pada Selasa (27/6/2023) lalu.

“Sapi kedua berbobot 1.039 kg dikirim ke Istana Kepresidenan di Yogyakarta. Sapi ketiga jenis simental seberat 600-an kg dikirim ke sebuah masjid di daerah Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Awalnya hanya beli satu. Kemudian dari pihak Kepresidenan mendadak pesan dua ekor lagi. Semua sapi-sapi pesanan Pak Jokowi sudah dikirim semua,” ujar Agus.

Dia menerangkan selama seharian pada Rabu (28/6/2023) pihaknya mengirim sapi hampir 50 ekor. Untuk sapi yang dikirim ke Jogja, kata dia, bisa dilihat langsung Pak Jokowi karena presiden menjalankan salat Id di Istana Jogja.

Bupati Sragen

Sementara Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati berkurban empat ekor sapi, salah satunya diwujudkan lewat program Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen, yakni Rendangmu di Masjid Al Falah Sragen.

Satu ekor sapi diberikan ke Masjid Kauman, Sragen Wetan, Sragen, dan dua ekor sapi lainnya disembelih di RSI Amal Sehat Sragen.

Seusai menjalankan ibadah Salat Id, Yuni sempat melihat langsung sapi kurban yang diberikan kepada jamaah Masjid Kauman Sragen karena lokasi masjid itu berdekatan dengan Rumah Dinas Bupati Sragen. “Sapinya di Kauman lumayan besar,” kata Yuni singkat.

Ketua Takmir Masjid Kauman Ashudi saat ditemui wartawan, Kamis, mengungkapkan dengan sapi kurban dari Bupati Sragen maka jumlah sapi kurban di Masjid Kauman ada empat ekor.

Selain sapi, kata dia, ada sejumlah kambing juga yang disembelih pada Kamis pagi hingga siang hari.

“Daging kurbannya dibagikan kepada warga di empat rukun tetangga (RT), yakni RT 025, 026, 027, dan RT 058. Total sekitar 400-an bungkus. Ibu Bupati selalu berkurban di Masjid Kauman sejak beliau menjabat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya