SOLOPOS.COM - Jpeg

Jokowi punya cucu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara tradisi tingkeban atau mitoni bagi istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda.

Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara tradisi tingkeban atau mitoni bagi anak menantunya, Selvi Ananda, Sabtu (26/12/2015). Kegiatan digelar di kediaman Jokowi di Jl. Kutai Utara No. 1 Sumber, Banjarsari, Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tingkeban atau mitoni merupakan tradisi Jawa yang berisi tentang permohonan doa atas usia kehamilan yang memasuki bulan ketujuh. Di acara tingkeban selain pembacaan doa, juga digelar sejumlah adat seperti siraman, memecah kelapa cengkir, dan berganti baju sebanyak tujuh kali.

Dari pantauan Solopos.com, tenda putih terpasang di depan kediaman Jokowi. Tamu undangan yang akan masuk ke rumah harus melewati pemeriksaan metal detektor Pasukan Pengamanan presiden (Paspampres). Hadir sejumlah tamu undangan, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, calon Wali Kota Solo terpilih, F.X. Hadi Rudyatmo beserta istri, calon wakil wali kota Solo terpilih Achmad Purnomo, sejumlah pengusaha Solo, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Jokowi, Gibran, dan Kaesang kompak mengenakan beskap landung warna biru. Sementara Iriana, dan Kahiyang mengenakan kebaya warna biru.

Sebelum acara tingkeban, kepada wartawan, Gibran justru mempromosikan martabak kota barat (Markobar). Gibran justru berpromosi ada menu baru atas Markobar dan outlet baru.

“Sekarang sudah buka cabang di Cikini, ada menu baru pasta bakar dan aneka kopi,” ujar Gibran.

Sedangkan, Jokowi mengatakan acara mitoni ini lebih untuk memanjatkan doa agar bayi yang dikandung Selvi selamat, lancar.

“Tradisi mitoni lengkap sesuai adat Jawa,” jelas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya