SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kiri), membawa piala bersama dengan Plt. Kepala DIPMPTSP Sragen Tugiyono (kanan) yang membawa sertifikat penghargaan ALI 2022 Juara II Kategori Kabupaten di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (12/10/2022). (Istimewa/Dokumentasi Tugiyono)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mendapatkan Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022 Terbaik Kedua Nasional untuk kategori kabupaten. Penghargaan ini diberikan Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (12/10/2022) malam.

Berkat anugerah tersebut, Pemkab Sragen bakal mendapatkan dana insentif daerah (DID) lebih dari Rp1,9 miliar. ALI 2022 merupakan penilaian yang dilakukan terhadap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, khususnya dalam pelayanan investasi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

ALI 2022  merupakan implementasi dari Peraturan Presiden No. 42/2020 tentang Pemberian Penghargan dan atau Pengenaan Sanksi kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Investasi.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen. Sragen berada di urutan kedelapan dari delapan nomine.

Selain Sragen, tujuh nomine lain itu yakni Pemkab Badung (Bali), Pemkab Cianjur (Jawa Barat), Pemkab Dharmasraya (Sumatera Barat), Pemkab Gresik (Jawa Timur), Pemkab Pinrang (Sulawesi Selatan), Pemkab Siak (Riau), dan Pemkab Sinjau (Sulawesi Selatan).

Baca Juga: Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

Pemkab Badung menjadi juara III, kemudian menyusul Pemkab Sragen sebagai juara II, dan Pemkab Gresik sebagai juara I. “Alhamdulillah, kami mendapatkan peringkat kedua terbaik nasional untuk kategori Kabupaten. Yang jelas dengan penghargaan itu menunjukkan Sragen ramah investasi,” jelas Yuni, sapaan Bupati Sragen, Kamis (13/10/2022).

Plt. Kepala DPMPTSP Sragen, Tugiyono, mengatakan ALI merupakan nama baru dari Investment Award. Dia menyampaikan Sragen mendapatkan juara II nasional untuk kategori kebupaten. BKPM langsung turun ke daerah untuk melakukan penilaian selama empat bulan, mulai dari asesmen, paparan, uji petik, dan pengumuman dari kementerian.

“Penyerahannya sudah Rabu malam. Sekarang kami dalam perjalanan kembali ke Sragen dari Jakarta. Jadi ALI itu penilaian dari sisi proses pelayanan investasi di Sragen secara menyeluruh. Banyak hal yang dinilai, seperti sarana dan prasarananya, sumber daya manusia, nilai investasi, kelembagaan, dan regulasi,” jelas Tugiyono yang juga Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen saat dihubungi Solopos.com, Kamis siang.

Baca Juga: Di Jateng Cuma Sragen yang Masuk Nominasi Investment Award 2022, Ini Lawannya

Dia mengatakan potret investasi di Sragen selama setahun itu dinilai semua. Mulai dari sisi regulasi hingga SDM.

Sekretaris DPMPTSP Sragen, Suharti, mengatakan hadiah dari ALI 2022 itu untuk Sragen berupa DID dan laptop sebanyak tiga unit. “Nilai DID itu saat ditanya ke BKPM, katanya lebih banyak dari tahun lalu. Padahal tahun lalu nilainya mencapai Rp1,9 miliar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya