SOLOPOS.COM - Para siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah (BWM) Sragen berfoto bersama di panggung utama setelah menjuarai Sukabumi Robotic Competition 2023 yang dihelat di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (20/8/2023). (Istimewa/SMP BWM Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Para siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah (BWM) Sragen kembali menorehkan prestasi. Mereka mengharumkan nama Sragen setelah berhasil mempertahankan piala bergilir Bupati Sukabumi setelah menjuarai Sukabumi Robotic Competition 2023 yang dihelat di Sukabumi, Minggu (20/8/2023).

Guru IT dan Pembina Robotika SMP BWM Sragen, Haris Nugroho, mengungkapkan siswa dari Sragen berhasil meraih juara I, II, III, dan juara harapan II untuk kategori robot line follower. Dia menerangkan juara I diraih Sulthan dari Kelas VIII C, juara II diraih Afifah dari Kelas IX A, dan juara III didapat Shine dari Kelas VIII A. Sementara juara harapan II didapat Lanang Dafi dari Kelas VIII C.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Selain empat juara itu, kami berhasil mempertahankan sebagai pemegang piala bergilir Bupati Sukabumi,” ujar Haris, Senin (21/8/2023).

Sekolah yang mengusung tagline Qur’anic Character School itu mengirimkan tujuh tim untuk kategori robot line follower dan empat tim untuk robot creative. Kebanyakan peserta dalam kompetisi robotika itu berasal dari Jawa Barat atau Jakarta, tetapi ada juga yang berasal dari luar Jawa.

“Tim yang dikirim SMP BWM itu terdiri empat tim creative dengan masing-masing tim ada dua orang. Kalau tim line follower itu merupakan tim individu. Nah, yang bisa masuk juara itu yang kategori line follower,” ujarnya.

Haris menjelaskan tantangan dalam lomba itu cukup sulit. Secara teknis dalam lomba robot line follower  trek yang dipakai licin. Garis hitam pada trek juga kurang tebal sehingga dibutuhkan sensor garis yang kuat. Secara nonteknis, Haris mengatakan kompetisi robotika di Sukabumi ini lumayan keras dan sengit karena setiap tim berpacu untuk jadi juara.

“Kalau untuk tim creative itu untuk membawa alatnya saja dari Sragen ke Sukabumi cukup berat karena dimensi project-nya lumayan besar,” jelasnya.

Pada 2022, siswa SMP BWM Sragen berhasil menggondol piala bergilir Bupati Sukabumi dengan meraih juara I dan juara II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya