SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Lembaga Adat Keraton yang menyelenggarakan jumenengan mengatakan kehadiran PB XIII atau tidak bukanlah masalah besar. “Raja itu disumpah oleh diri sendiri. Apabila menyatakan hari ini menjadi seorang raja ya harus menjalankan dan mengikuti sejumlah upacara adat. Makanya beliau harus datang. Di Keraton mengedepankan kewajiban bukan hak,” kata menantu PB XII, KRMH Satryo Hadinagoro, kepada wartawan, sebelum acara jumenengan di mulai.

Menurut dia, PB XIII kemungkinan berhalangan hadir lantaran kepalanya pusing. Apabila Raja Solo tetap tidak bisa hadir, kata Satryo, jumenengan tetap berjalan sebagaimana mestinya.
“Dulu, waktu PB IX dan PB XI juga pernah berhalangan hadir dalam jumenengan. Waktu itu tidak menjadi masalah besar seperti sekarang yang seolah dibesarkan-besarkan,” kata dia.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mengenai kondisi PB XIII sakit pusing dibantah oleh kubu Keraton versi Dwitunggal. “Sinuhun kondisinya sehat wal afiat, saya barusan guyon-guyon. Beliau sekarang lenggah di dalam (Sasana Narendra). Sinuhun dawuhi saya untuk berbicara kepada media agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi,” timpal Condro yang bernama asli Begug Poernomosidi (mantan Bupati Wonogiri).

Pesan yang disampaikan putra tertua PB XII, kata Condro, semua kerabat Keraton bisa menjaga kerukunan. “Sinuhun prihatin melihat kondisi ini. Beliau ingin permasalahan intern diselesaikan lebih dulu,” kata dia.

Sementara itu, menantu PB XII lainnya, KP Eddy Wirabhumi menyatakan raja berhalangan hadir karena sedang meditasi di luar kota. “Raja sejak tadi pagi menelpon Mas Broto. Katanya mau pergi ke petilasan. Dan bagi kami, raja tidak hadir ya tidak masalah. Toh, acara jumenengan intinya tarian Bedaya Ketawang,” pungkas Eddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya