SOLOPOS.COM - WIndu Winarso

Solo (Solopos.com) – Jumlah pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo meningkat signifikan tiga bulan terakhir dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Informasi yang dihimpun Espos Rabu (1/6) jumlah pengunjung TSTJ pada bulan Maret, April dan Mei tahun ini berturut-turut 12.066 orang, 17.120 orang dan 28.458 orang. Padahal pada bulan yang sama tahun lalu jumlah pengunjung hanya 11.474 orang, 14.073 orang dan 21.833 orang. Artinya terjadi kenaikan 592 pengunjung pada bulan Maret, 3.047 pengunjung bulan April dan 6.625 pengunjung pada bulan Mei.

Namun ironisnya kenaikan signifikan jumlah pengunjung ditanggapi negatif beberapa pedagang di dalam TSTJ. Pasalnya kenaikan pengunjung tak berbanding lurus dengan pendapatan pedagang. Mereka masih banyak mengeluh lantaran pemasukan harian yang diperoleh belum ada perubahan kendati sudah terjadi pergantian pengelola. Jumlah pengunjung hanya ramai pada akhir pekan dan hari libur nasional. Kondisi paling parah menurut mereka terjadi pada bulan Ramadan.

Direktur Operasional Perusda TSTJ, Windu Winarso mengakui pihaknya mempunyai rencana penataan pedagang di dalam taman. Penataan berdasar sistem zoning dan melarang pedagang berjualan di kawasan wisata yang notabene juga area konservasi. Hanya saja konsep tersebut belum jadi prioritas untuk direalisasikan. “Sekarang sedang fokus menata arena bermain keluarga. Seluruh fasilitas bermain yang selama ini ada di bagian depan akan kami geser ke timur,” katanya.

Lahan yang disiapkan untuk arena bermain cukup luas sekitar 7.000 meter persegi. Saat ini sedang dilakukan inventarisasi fasilitas bermain dan tingkat kerusakannya. Sebab sebagian besar fasilitas bermain sudah berusia tua ditandai dengan cat mengelupas dan besi berkarat. Sebelum dipindahkan ke area baru, fasilitas bermain akan diremajakan terlebih dulu.

Sedangkan Direktur Utama TSTJ, Lilik Kristianto menargetkan beauty contest atau seleksi calon investor dihelat akhir bulan ini. Saat ini tahapan beauty contest sudah berjalan sampai pada pembentukan panitia lelang.

kur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya