SOLOPOS.COM - Ketua KPU Karanganyar Daryono saat diwawancara terkait rapat pleno yang digelar di kantor KPU setempat pada Rabu (8/5/2024).(Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Karanganyar menyusut menjadi 1.529 lokasi.

Di Pemilu 2024 lalu, ada sebanyak 3.200 TPS yang tersebar di 177 desa/kelurahan di Karanganyar. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Daryono, mengatakan masing-masing TPS Pilkada Serentak 2024 nanti maksimal 800 pemilih. Saat ini persebaran dan jumlah riil TPS masih dipetakan. Namun diperkirakan ada sebanyak 1.529 TPS untuk Pilkada Serentak 2024.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jumlah TPS di Pilkada nanti lebih kecil dari TPS di Pemilu kemarin yang jumlahnya mencapai 3.200 TPS. Otomatis dengan TPS yang menyusut, maka jumlah pemilih di satu TPS lebih besar,” kata dia ketika berbincang dengan wartawan pada Rabu (29/5/2024).

Daryono menyatakan telah melakukan rapat koordinasi dengan KPU Karanganyar terkait persiapan Pilkada Serentak 2024. Sesuai Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, jumlah pemilih di satu TPS maksimal 800 orang. Kemudian di masing-masing TPS ditempatkan tujuh anggota KPPS. Jumlah petugas ini sama dengan TPS saat Pemilu kemarin. Meski demikian tidak lantas membebani anggota KPPS dengan jumlah pemilih yang bertambah.

“Kalau Pemilu kemarin kan ada pemilihan DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten, DPD dan presiden. Kalau nanti hanya Pemilihan Gubernur dan Pemilihan bupati, jadi tugasnya sama saja,” katanya.

Lebih lanjut Daryono mengatakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tengah melakukan pemetaan TPS untuk pilkada. Pihaknya meminta kepada anggota PPS supaya membantu PPK di masing-masing kecamatan untuk melakukan pemetaan TPS. Pemetaan itu untuk memetakan jumlah TPS dan pemilih di tiap TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya