SOLOPOS.COM - Ketua dan Sekretaris terpilih PDM Sragen dalam Musda Muhammadiyah Sragen, Minggu (14/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN—Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (Dimsa) K.H. Ali Rosyidhi terpilih sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sragen dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-17 yang digelar di ponpes setempat, Minggu (14/5/2023). Sementara Rosit Mustofa terpilih menjadi Sekretaris PDM Sragen.

Sebelumnya Rosit yang juga Ketua Panitia Musda Muhammadiyah-Aisyiyah Sragen menerangkan kandidat pimpinan Muhammadiyah itu ada 39 orang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dari 39 kandidat itu dipilih 13 formatur yang nantinya juga menjadi pimpinan Muhammadiyah Sragen. Rosit menerangkan dalam pemilihan 13 orang formatur itu dilakukan dengan menggunakan e-voting. Pemilihan model e-voting ini, kata dia, sudah menjadi metode pemilihan di Muhammadiyah sejak tujuh tahun lalu.

“Dengan menggunakan e-voting, setiap pemilih membutuhkan waktu hanya dua menit. Dan penghitungannya cepat. Kalau menggunakan konvensional, penghitungannnya membutuhkan wkatu 3-4 jam karena setiap satu pemilih itu berhak memilih 13 nama calon formatur. Padahal peserta Musda Muhammadiyah itu ada 347 orang,” ujar Rosit kepada wartawan.

Dalam pemilihan e-voting itu disiapkan delapan bilik pemilihan. Wakil Ketua Panitia Musda Muhammasiyah Sragen, Eko Wijiyono, mengatakan awalnya ada 96 nama yang muncul sebagai kandidat pimpinan daerah. Dia mengatakan 96 nama itu dibawa ke Rapimda dan mengerucut menjadi 39 nama calon tetap.

Dari hasil pemilihan, kata Eko, menghasilkan 13 nama formatur. Eko mengatakan 13 nama formatur itu terdiri atas K.H. Ali Rosyidhi mendapat 287 suara, K.H. Kowam Karim 268 suara, Agus Ulinuha 260 suara, Mustaqim 240 suara, Rosit Mustofa 210 suara, Abdul Aziz 186 suara, Muhammad Sauman 186 suara, Budi Santoso 184 suara, Sutarno 179 suara, Taufiqurrohman 179 suara, K.H. Abdullah Afandi 155 suara, Samadi 146 suara, dan Chodri Mustaqim 135 suara.

“Dari hasil kesepakatan di 13 anggota formatur dipilih K.H. Ali Rosyidhi sebagai Ketua PDM Sragen tepilih dan Rosit Mustofa sebagai Sekretaris PDM Sragen terpilih,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya